Pemkab Barsel tingkatkan kapasitas aparatur desa dalam pengelolaan keuangan

id Pemkab barsel, penjabat bupati barsel lisda arriyana, aparatur desa, pengelolaan keuangan, buntok, barsel, barito selatan

Pemkab Barsel tingkatkan kapasitas aparatur desa dalam pengelolaan keuangan

Penjabat Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana dalam bimtek tata kelola keuangan desa berbasis aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes) v.2.0.5 di Buntok, Senin (27/2). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Aparatur desa di Barito Selatan, Kalimantan Tengah diberikan bimbingan teknis tata kelola keuangan desa berbasis aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes) V.2.0.5.

Penjabat Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana di Buntok, Senin, mengatakan bimbingan teknis ini dalam upaya memudahkan proses administrasi keuangan khususnya bagi pemerintah desa.

"Aplikasi yang dikembangkan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bersama Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri ini, dalam upaya meningkatkan kualitas dan memudahkan pengelolaan keuangan desa," katanya.

Dikatakannya, semua fitur di dalam aplikasi siskeudes tersebut dibuat sesederhana mungkin, agar dapat memudahkan dalam penggunaannya.

Melalui aplikasi ini, proses penginputan yang sesuai dengan bentuk transaksi yang tersedia dapat menghasilkan output berupa dokumen penatausahaan serta laporan yang sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan.

"Adapun dokumen tersebut terdiri dari dokumen penatausahaan, bukti penerimaan, surat permintaan pembayaran (SPP) dan surat setoran pajak (SSP)," terangnya.

Baca juga: Pemkab Barsel luncurkan aplikasi layanan posyandu berbasis online

Termasuk juga terkait dengan laporan penganggaran yang meliputi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), RAB, dan APBDes per sumber dana serta dokumen-dokumen lainnya.

Lisda meminta kepada perangkat desa khususnya operator siskeudes dan kaur keuangan atau bendahara desa bisa mengikuti bimbingan atau pelatihan yang dilaksanakan tersebut.

"Karena, dalam pelatihan pengelolaan keuangan desa ini, tidak hanya diberikan dalam bentuk teori, akan tetapi langsung dipraktikkan bagaimana cara menggunakan aplikasi dengan baik dan benar," tambah dia.

Ia berharap, melalui kegiatan yang dilaksanakan ini dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan serta keterampilan teknis aparat desa dalam pengelolaan sistem keuangan.

"Dengan demikian, perangkat desa dapat mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan desa dan pengelolaan sistem keuangan desa menuju masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera," demikian Lisda Arriyana.

Baca juga: Milad ke-70, KKB Barsel adakan silaturahmi dan syukuran

 

Baca juga: Pj Bupati Barsel ingatkan kades selesaikan masalah batas antar desa

 

Baca juga: DPRD Barsel apresiasi langkah pemkab terus berdayakan UMKM