Tim Disdukcapil Kalteng datangi perkantoran, dorong ASN implementasikan KTP digital

id Pemprov kalteng, disdukcapil kalteng, ktp digital, digitalisasi kependudukan, administrasi kependudukan, adminduk, kalte

Tim Disdukcapil Kalteng datangi perkantoran, dorong ASN implementasikan KTP digital

Sosialisasi dan implementasi KTP digital di Kantor Disdagperin Kalteng, Palangka Raya, Kamis (2/3/2023). ANTARA/HO-Disdukcapil Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Kalimantan Tengah mengutamakan pengimplementasian KTP digital mulai pada aparatur sipil negara (ASN).

Sesuai dengan arahan dari pusat, kata Kepala Disdukcapil Kalteng Saiful di Palangka Raya, Kamis, mengatakan bahwa pengimplementasian KTP digital mulai dari ASN di lingkungan lembaga kependudukan dan pencatatan sipil.

"Setelah ASN secara umum, baik pemerintah pusat maupun daerah, berlanjut ke mahasiswa dan pelajar, baru kemudian ke umum, semua dilakukan secara bertahap," katanya.

Untuk itu, saat ini Disdukcapil Kalteng terus melaksanakan sosialisasi sekaligus implementasi KTP digital di lingkungan perkantoran provinsi.

Sosialisasi dan implementasi KTP digital pada hari Kamis dilaksanakan di Kantor Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Provinsi Kalteng dan diikuti 43 ASN.

"Jadi, kami melaksanakan sosialisasi sekaligus mengimplementasikan, tadi sebanyak 43 ASN itu sudah langsung menerapkan KTP digital. Besok akan berlanjut ke kantor lainnya secara bertahap," ujarnya.

Baca juga: Pemerintah laksanakan operasi pasar SPHP beras di Katingan

Dalam pengimplementasian KTP digital, memprioritaskan ASN. Usai mengikuti sosialisasi, dia berharap mereka bisa memberi edukasi kepada masyarakat di lingkungan sekitar terkait dengan KTP digital.

Pada saat ini, kata dia, KTP fisik masih tetap disimpan sekalipun telah menerapkan KTP digital. Hal ini untuk mengantisipasi sebagian kegiatan atau urusan publik di masyarakat yang masih memerlukan KTP fisik, terutama berkaitan dengan fotokopi.

Baca juga: Diskop UKM Kalteng optimalkan peran tenaga pendamping perkuat daya saing KUMKM