DPRD Palangka Raya ingatkan pemko prioritaskan program untuk kesejahteraan

id DPRD Palangka Raya ingatkan pemko prioritaskan program untuk kesejahteraan, kalteng, Palangka raya, dprd palangka

DPRD Palangka Raya ingatkan pemko prioritaskan program untuk kesejahteraan

Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya HM Hasan Busyairi. ANTARA/Dokumen

Palangka Raya  (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah ingatkan agar seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) setempat untuk selalu memprioritaskan program-program yang bisa langsung menyentuh dan mensejahterakan masyarakat. 

"Setiap membuat program-program, OPD kota harus benar-benar dikaji dampaknya, apakah langsung dirasakan oleh masyarakat atau malah tidak," ujar Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, M Hasan Busyairi di Palangka Raya, Rabu. 

Menurut politisi Partai Golkar tersebut, disayangkan jika memiliki program-program unggulan tapi tidak berdampak atau dirasakan langsung oleh masyarakat banyak. Untuk itu setiap OPD perlu adanya kajian terlebih setiap sebelum membuat setiap program. 

"Tentu banyak program yang dampaknya bisa langsung menyentuh masyarakat, misal program pemberdayaan pelaku UKM (usaha kecil dan menengah) yang ada, yang tentunya sangat baik bagi perekonomian masyarakat," ucapnya. 

Selain itu, Busyairi juga mendorong agar OPD agar terus melaksanakan program-program yang bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia masyarakat Kota Palangka Raya, seperti melaksanakan pelatihan-pelatihan kerja. 

Baca juga: Legislator Palangka Raya ajak umat Islam memakmurkan masjid saat Ramadhan

"Lebih diperbanyak program-program peningkatan kualitas SDM, seperti diklat berbagai keahlian yang ke depan akan berdampak pada menekan angka pengangguran dan meningkatkan kreatifitas warga Palangka Raya," terang Busyairi. 

Selain itu juga pemko juga harus memprioritaskan program-program pembangunan seperti penguatan infrastruktur pelayanan publik, serta penguatan tata kelola pemerintahan berbasis teknologi informasi.

"Saya yakin program-program dari pemko tentu akan berhilir pada kesejahteraan masyarakat, sehingga kami sebagai legislator tentu akan selalu mensupport dan melangkah saling berdampingan karena mempunyai tujuan yang sama bagi masyarakat Palangka Raya," tegasnya. 
 
Busyairi menambahkan, agar program-program Pemko Palangka Raya yang sudah berjalan dan benar-bener dirasakan oleh masyarakat manfaatnya harus tetap dipertahankan. 

"Bahkan kalau bisa lebih ditingkatkan agar lebih meningkatkan lagi kepercayaan masyarakat dengan kinerja pemerintah," jelas Busyairi. 

Baca juga: DPRD terus dorong Pemko berinovasi dalam pelayanan publik

Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya: Wasapda peredaran uang palsu

Baca juga: Polres Palangka Raya antisipasi tindak kejahatan jelang Ramadhan