RSUD Murjani Sampit raih akreditasi Paripurna, DPRD berharap pelayanan meningkat

id RSUD Murjani Sampit raih akreditasi Paripurna, DPRD berharap pelayanan meningkat, kalteng, sampit, kotim, Kotawaringin Timur, Rinie, bupati kotim, hal

RSUD Murjani Sampit raih akreditasi Paripurna, DPRD berharap pelayanan meningkat

Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Rinie. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Murjani Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah berhasil meraih akreditasi Paripurna, untuk itu DPRD setempat berharap pelayanan rumah sakit ini semakin meningkat. 

"Apresiasi untuk keberhasilan RSUD dr Murjani lulus akreditasi Paripurna. Harapannya agar pelayanannya bisa lebih bagus karena rumah sakit ini sudah didukung oleh layanan dokter spesialis serta ditunjang dengan fasilitas yang memadai," kata Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Rinie di Sampit, Rabu. 

Manajemen RSUD dr Murjani Sampit melalui akun media sosial resmi mereka mengumumkan bahwa rumah sakit tersebut telah lulus akreditasi dengan predikat Paripurna atau bintang lima oleh lembaga akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna. 

Akreditasi paripurna merupakan predikat hasil penilaian tertinggi yang diberikan berdasarkan penilaian terhadap manajemen mutu dan keselamatan pasien yang diterapkan di rumah sakit.

Menurut Rinie, capaian ini tidak hanya menjadi sebuah kebanggaan bagi pihak rumah sakit, tetapi juga bagi masyarakat dan daerah ini. Akreditasi paripurna menunjukkan bahwa rumah sakit ini telah memenuhi standar tertinggi yang ditetapkan pemerintah. 

Capaian ini harus dipertahankan dan ditingkatkan. Akreditasi tertinggi ini harus menjadi pemacu semangat bagi seluruh jajaran RSUD dr Murjani dalam bekerja dan memberikan sumbangsih maksimal. 

Meski begitu Rinie mengingatkan, akreditasi paripurna bukanlah tujuan akhir. Hal terpenting adalah mewujudkan standar tertinggi itu dalam pelayanan terbaik yang diberikan kepada masyarakat sehingga masyarakat merasa puas. 

Baca juga: Pemkab Kotim gencarkan pasar murah kendalikan inflasi

Ini justru menjadi tantangan besar bagi seluruh manajemen dan pegawai di rumah sakit tersebut untuk membuktikan kepada masyarakat melalui pelayanan yang diberikan bahwa rumah sakit ini memang benar-benar layak mendapatkan akreditasi bintang lima tersebut. 

"Jadi bukan cuma saat ada tim penilai akreditasi. Justru pelayanan terbaik itu harus diwujudkan setiap saat agar masyarakat dapat merasakannya karena itulah tujuan yang ingin dicapai pemerintah sehingga membuat penilaian melalui akreditasi. Bukan seremonial saja. Tapi saya yakin seluruh elemen di RSUD dr Murjani Sampit akan mampu terus memberikan pelayanan terbaik," demikian Rinie.

Pesan serupa juga disampaikan Bupati Halikinnor saat menerima tim Surveior Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS-DHP) yang melakukan penilaian akreditasi di RSUD dr Murjani Sampit pada Jumat (17/3) lalu. 

Dia memberi motivasi kepada seluruh pegawai RSUD dr Murjani Sampit untuk mewujudkan pelayanan paripurna atau terbaik. 

"Meraih akreditasi atau sertifikat paripurna itu penting, tetapi yang lebih penting adalah secara riil atau realisasi peningkatan pelayanan yang paripurna," kata Halikinnor. 

Halikinnor menyampaikan terima kasih kepada tim penilai akreditasi yang telah berkenan datang ke Sampit. Dia juga berterima kasih kepada tim akreditasi dan seluruh jajaran di rumah sakit tersebut yang sudah bekerja keras, mulai jajaran paling bawah hingga direktur dengan semangat yang sangat luar biasa. 

"Meraih predikat paripurna berarti berarti mutu pelayanannya sudah sangat baik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kita akan terus meningkatkan pelayanan di bidang apa saja di rumah sakit ini, sehingga warga kita tidak perlu lagi berobat ke luar daerah, tetapi cukup di rumah sakit ini," demikian Halikinnor. 

Baca juga: DPRD Kotim sebut galian C ilegal juga akan dikenakan pajak

Baca juga: Pemkab Kotim bertekad pertahankan predikat Zona Hijau pelayanan publik

Baca juga: DPRD segera bahas LKPJ Bupati Kotim