Seleksi Internal National University Debating Championship Tingkat Perguruan Tinggi Tahun 2023

id umpr,palangka raya,kalimantan tengah

Seleksi Internal National University Debating Championship Tingkat Perguruan Tinggi Tahun 2023

Seleksi Internal National University Debating Championship (NUDC) Tingkat Perguruan Tinggi Tahun 2023 di Palangka Raya, kemarin. (ANTARA/HO-UMPR)

Palangka Raya (ANTARA) - Universitas Universitas Muhammadiyah Palangkaraya melaksanakan kegiatan Seleksi Internal National University Debating Championship (NUDC) Tingkat Perguruan Tinggi Tahun 2023, Kegiatan yang diikuti oleh 2 tim Debat Bahasa Inggris yang terdiri dari perwakilan program studi Ilmu Komunikasi dan Agroteknologi. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR).

NUDC merupakan Program Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Kegiatan NUDC ini menjadi salah satu wadah dalam membentuk mahasiswa yang memiliki talenta dan kemampuan di bidang bahasa terutama pada Bahasa inggris.

Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni Dr M Fatchurrahmad MPd, MPsi membuka Seleksi NUDC Tingkat Perguruan Tinggi Tahun 2023 di Palangka Raya, Kalimantan Tengah kemarin.

Dia menyampaikan rasa bangganya terhadap mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah Palangkaraya yang dengan penuh semangat ikut serta berpartisipasi pada kegiatan ini dan menunjukan kemampuannya dalam berargumentasi serta public speaking, dan ini merupakan salah satu wujud terlaksananya beberapa agenda kemahasiswaan yakni kegiatan kompetisi-kompetisi yang merupakan agenda nasional dan dapat diikuti oleh Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

“Dengan kegiatan ini akan menghasilkan perwakilan dari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya untuk mengikuti Seleksi Wilayah dengan harapan semoga sampai pada seleksi Nasional untuk membawa nama Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.” Ucap Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni.

Rektor UMPR Dr Muhammad Yusuf mengatakan sejak didirikan pada btahun 1987, dengan visinya yang berbunyi “Unggul dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi berlandaskan Iman dan Taqwa”, UM Palangkaraya saat ini terus berkembang menuju perguruan tinggi Muhammadiyah yang berkemajuan.

Dalam upaya untuk mencapai visi tersebut, UM Palangkaraya saat ini terus membenahi diri. Pada satu sisi, pembenahan itu dimaksudkan untuk mempercepat pencapaian visi dan misi UM Palangkaraya, dan di sisi lain dimaksudkan untuk memenuhi tuntutan pemerintah dan masyarakat akan perguruan tinggi yang bermutu.

Pengunjung yang berbahagia,

Dalam hal posisi perguruan tinggi se Indonesia, maka peringkat UM Palangkaraya juga terus mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil pemeringkatan yang dilakukan Kemristekdikti yang direlease beberapa wwaktu lalu, saat ini UM Palangkaraya menempati rangking 280 dari 3.244 PTN/PTS se Indonesia. Ini berarti bahwa UM Palangkaraya merupakan universitas swasta terbaik bukan hanya se Kalteng, bahkan merupakan universitas swasta terbaik se Kalimantan.

Saat ini, UM Palangkaraya juga merupakan satu-satunya kampus di Indonesia yang mencoba mencoba mengembangkan ddan mengkombinasikan konsep green campus dengan konsep Islamic campus. Hal ini dilakukan antara lain melalui pengembangan konsep Islam sebagai agama Rahmatan Lil ‘alamin, misalnya berusaha memupuk budaya toleransi, kebersamaan, dan kekeluargaan sesama sivitas akademika.

Pengembangan konsep-konsep Islam sebagai agama rahmat bagi sekalian alam, juga tampak dari capaian program green Islamic campus, yang antara lain telah berhasil membuat lingkungan kampus lebih hijau dan asri, menghemat penggunaan energi, dan meningkatkan nuansa pengamalan ajaran Islam seperti kebersihan, kekeluargaan, toleransi, dan kebersamaan. Sebagai buktinya, pada tahun 2016 lalu, UM Palangkaraya berhasil mendapatkan penghargaan dari Kopertis XI Kalimantan sebagai kampus paling bersih dan paling indah se Kalimantan Tengah. Semua itu merupakan bukti dari implementasi nilai-nilai Islam universal, Islam yang memberi rahmat bagi makhluk dan lingkungan sekitarnya.