Tak dipungut biaya, pelaku usaha di Seruyan diminta ikuti program sertifikasi halal

id Kepala DPMPTSP Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Agung Setiawan, DPMPTSP seruyan, seruyan, kalteng, Kabupaten Seruyan

Tak dipungut biaya, pelaku usaha di Seruyan diminta ikuti program sertifikasi halal

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Seruyan Agung Setiawan. ANTARA/HO-Prokom Seruyan.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Agung Setiawan meminta kepada seluruh pelaku usaha mikro kecil menengah (UKMM) di wilayah setempat, agar mendaftar pada program sertifikasi halal.

"Mendaftar dan mengikuti program sertifikasi halal itu terutama kepada produk olahan non sembelihan, baik makanan maupun minuman," katanya di Kuala Pembuang, Jumat.

Hal ini dimaksudkan, lanjut dia, untuk mendukung program pemerintah tentang sertifikasi halal tahun 2023 melalui skema Self Declare, terlebih lagi untuk program tersebut dibuka sepanjang tahun sehingga bisa mengikutinya menyesuaikan dengan kesibukan para pelaku usaha.

"Para pelaku usaha bisa mengikutinya sepanjang 2023 ini, sehingga bisa menyesuaikan dengan kesibukan masing-masing," ucap Agung.

Adapun manfaat dari mengikuti program ini adalah, meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap keamanan dan kehalalan suatu produk. Dan melalui program ini, juga dapat meningkatkan pemasaran produk olahan para pelaku usaha mikro kecil di wilayah setempat.

"Program ini salah satu upaya untuk meningkatkan penjualan kepada konsumen, sehingga dengan begitu dapat membantu pelaku usaha dalam segi pemasaran," beber dia.

Seiring dengan hal itu, Kepala DPMPTSP ini pun mengajak kepada seluruh pelaku usaha mikro kecil di Seruyan agar memanfaatkan layanan pendampingan sertifikasi halal dengan menghubungi petugas pendamping produk halal yang ada di wilayah setempat.

Baca juga: Pelaku usaha di Seruyan didorong tingkatkan kepatuhan

"Layanan pendampingan ini tidak dipungut biaya atau gratis. Mari bersama kita dukung dan sukseskan program sertifikasi halal," ajaknya.

Dia menambahkan, di Bumi Gawi Hantantiring ini banyak produk-produk olahan makanan dan lainnya yang memiliki potensi dalam pemasaran, hanya saja yang perlu diperhatikan pengemasan dan juga sertifikasi halal.

"Untuk mewujudkan hal tersebut para pelaku usaha diharapkan dapat mengikuti program sertifikasi halal," demikian Agung.

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan minta THR ASN segera dibayar

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan apresiasi peningkatan jalan Bangkal-Kuala Pembuang

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan dukung pelaksanaan Tahfiz Quran Kejaksaan