Kalteng sediakan puluhan pospam dan posyan bantu kelancaran arus mudik

id Pemprov kalteng, arus mudik, dishub kalteng, gubernur kalteng, sugianto sabran, lebaran 2023, pelabuhan sampit, palangkaraya, kalteng, kalimantan teng

Kalteng sediakan puluhan pospam dan posyan bantu kelancaran arus mudik

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama Forkopimda didampingi Kadishub Kalteng Yulindra Dedy (kiri) meninjau arus mudik di Pelabuhan Sampit, Selasa, (18/4/2023). (ANTARA/HO-Dishub Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan, keberadaan puluhan pos pengamanan (pospam) dan pos pelayanan (posyan) yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota membantu kelancaran arus mudik Lebaran 2023.

"Pospam dan posyan bersama ini tersebar di 14 kabupaten/kota se-Kalteng ditempatkan di lokasi-lokasi strategis guna menunjang kelancaran arus mudik sehingga berjalan aman, tertib dan lancar," kata Kadishub Kalteng Yulindra Dedy dihubungi dari Palangka Raya, Selasa.

Dia memaparkan, ada sebanyak 26 pospam dan 20 posyan, meliputi di bandara, terminal, pelabuhan, serta jalan-jalan atau lokasi strategis lainnya dalam rangka mendukung arus mudik sekaligus pengamanan Lebaran 2023.

Selain Dinas Perhubungan, turut terlibat personel dari Polri, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, serta lainnya pada berbagai pos pengamanan maupun pos pelayanan yang didirikan pemerintah tersebut.

"Kami berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya bagi yang melakukan perjalanan mudik atau pulang ke kampung halamannya untuk ber-Lebaran. Bersama-sama kita wujudkan mudik tertib, aman dan lancar," terangnya.

Baca juga: Kemarin, Pemprov Kalteng sediakan mudik gratis hingga ASN diminta lapor bila terima gratifikasi Lebaran

Yulindra menjabarkan, dimulai dari Palangka Raya ada sebanyak empat pospam dan dua posyan, Katingan, pospam dan posyan masing-masing satu, Kotawaringin Timur lima pospam dan dua posyan, Lamandau pospam dan posyan masing-masing satu, serta Kotawaringin Barat satu pospam dan tiga posyan.

Selanjutnya Sukamara pospam dan posyan masing-masing satu, Seruyan dua pospam dan satu posyan, Kapuas satu pospam dan dua posyan, Pulang Pisau satu pospam dan dua posyan, Barito Timur dan Barito Selatan masing-masing dua pospam dan satu posyan, Barito Utara satu pospam dan dua posyan, serta Murung Raya pospam dan posyan masing-masing satu.

"Kurang lebih personel Dishub Kalteng 30-an orang yang bertugas membantu pengamanan arus mudik Lebaran 2023, baik dalam patroli bersama, penjagaan posko, serta pengecekkan berbagai angkutan," ucapnya.

Baca juga: Sekda Kalteng berbagi bersama petugas kebersihan memaknakan bulan suci Ramadhan