DPRD Kapuas: Pemberdayaan masyarakat desa harus menjadi perhatian serius

id Dprd kapuas, pemberdayaan masyarakat desa, wakil ketua dprd kapuas, yohanes, kuala kapuas, kapuas, dpmd kapuas

DPRD Kapuas: Pemberdayaan masyarakat desa harus menjadi perhatian serius

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kapuas, Yohanes. ANTARA/ All Ikhwan.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Yohanes mendukung Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMPD) setempat dalam upaya meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa.

"SDM masyarakat yang tinggal di perdesaan harus mendapat perhatian serius dan jangan sampai nasib mereka malah tertinggal," tegas Yohanes di Kuala Kapuas, Sabtu.

Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengatakan, pemberdayaan masyarakat desa dianggap penting dalam mendukung peningkatan pembangunan dan perekonomian daerah.

Yohanes  juga sangat mendukung adanya Dana Desa (DD), terutama terkait dengan pembangunan infrastruktur yang telah terlaksana saat ini.

"Hal ini merupakan kesempatan bagi desa untuk melakukan pembangunan dalam berbagai aspek," jelasnya.

Baca juga: Polsek Kapuas Timur bantu warga yang rumahnya tersambar petir

Untuk itu, wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas II meliputi Kecamatan Basarang, Kapuas Barat dan Mantangai ini meminta DPMD mempercepat proses pembangunan desa.

Selain itu, sambungnya, diharapkan adanya penguatan ekonomi kerakyatan di desa, agar DD tidak terlalu banyak dialihkan untuk kegiatan pembangunan infrastruktur.

Dijelaskannya, penggunaan DD bidang pembinaan dan pemberdayaan masyarakat perlu ditingkatkan dalam mendukung pencapaian target 'Indonesia Maju' dengan sumber daya manusia unggul.

Melalui pemberdayaan masyarakat yang berasal dari DD ini, diharapkan mampu meningkatkan SDM masyarakat desa yang lebih baik lagi, sehingga perekonomian masyarakat semakin baik.

"Semoga program nasional pemerintah pusat berkaitan pemberdayaan masyarakat desa ini, dapat meningkatkan pembangunan dan perekonomian di desa kita agar semakin baik lagi," demikian Yohanes.

Baca juga: Disdukcapil Kapuas datangi perkantoran OPD berikan pelayanan aktivitasi IKD