Tim Pansus dorong Pemkab Kapuas prioritaskan pembangunan jalan penghubung antar daerah

id Dprd kapuas, berinto, kuala kapuas, kapuas, tim pansus dprd kapuas, lkpj kepala daerah kapuas 2022

Tim Pansus dorong Pemkab Kapuas prioritaskan pembangunan jalan penghubung antar daerah

Ketua Tim Pansus LKPj Kepala Daerah Tahun 2022 DPRD Kabupaten Kapuas, Berinto. (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Tim Pansus LKPj Kepala Daerah 2022, DPRD Kapuas, Kalimantan Tengah, mendorong pemerintah kabupaten terus melakukan pembangunan berupa jalan penghubung antar desa, kecamatan dan antar kabupaten.

"Terkhusus jalan-jalan yang masih belum fungsional. Mohon ini tetap menjadi skala prioritas sebagaimana visi misi kepala daerah," kata Ketua Tim Pansus LKPj DPRD Kabupaten Kapuas, Berinto di Kuala Kapuas, Kamis.

Hal itu disampaikan politisi dari Partai Nasdem ini, saat membacakan poin-poin penting laporan rekomendasi hasil kerja Tim Pansus LKPj Kepala Daerah 2022 dalam rapat paripurna DPRD setempat.

Selanjutnya, mendorong dan mendukung pemerintah daerah terus meningkatkan pelayanan dasar yang menjadi hak bagi masyarakat, yaitu terkait hak mendapatkan akses pelayanan kesehatan maupun pendidikan yang baik dan terjangkau. 

"Juga diharapkan tidak lagi kekurangan tenaga kesehatan dan tenaga pendidikan," harapnya.

Kemudian, mendorong Pemkab Kapuas melakukan inovasi dan terobosan dalam mengoptimalkan sumber-sumber penerimaan asli daerah, terutama sektor-sektor yang terindikasi kebocoran pendapatan dikarenakan regulasi yang kurang dimaksimalkan.

"Salah satunya dari sarang burung walet, parkir, retribusi pasar, pajak rumah makan/restoran dan perusahaan galian C, pajak alat berat PBS dan pendataan tata kelola parkir dalam kota," jelasnya.

Baca juga: Pemkab Kapuas salurkan bantuan logistik kepada warga di lima desa terdampak banjir

Menurut wakil rakyat yang terpilih kembali dari Dapil Kapuas III meliputi Kecamatan Timpah, Kapuas Tengah, Kapuas Hulu, Mandau Talawang dan Pasak Talawang ini, LKPj Kepala Daerah 2022 tersebut berdasarkan dokumen yang disampaikan secara umum, realisasi anggaran baik neraca laporan, kas dan keuangan sebagaimana dokumen LKPj yang disampaikan kepada DPRD itu rapi dan baik. 

"Namun, realisasi di lapangan yang masih harus kita koreksi bersama-sama," demikian Berinto.

Baca juga: Pansus LKPJ DPRD Kapuas berikan rekomendasi hasil kerja ke pemkab