Pemkab Kapuas salurkan bantuan logistik kepada warga di lima desa terdampak banjir

id Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Plt Bupati Kapuas, Muhmmad Nafiah Ibnor, kapuas, kalteng

Pemkab Kapuas salurkan bantuan logistik kepada warga di lima desa terdampak banjir

Plt Bupati Kapuas Muhammad Nafiah Ibnor menyerahkan secara simbolis bantuan banjir kepada warga di lima desa di Kecamatan Mantangai, Rabu (26/4/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, kembali menyalurkan bantuan logistik kepada sejumlah warga di lima desa di Kecamatan Mantangai yang terdampak banjir.

Plt Bupati Kapuas, Muhmmad Nafiah Ibnor, disela penyaluran, Kamis (27/4), berpesan agar warga di lima desa tersebut menyampaikan kepada kepala desa setempat, apabila ada kekurangan bahan makanan.

"Kepala Desa saya minta segera melaporkan ke camat, agar dapat diteruskan ke BPBD Kapuas, dan segera disalurkan kembali sesuai dengan kebutuhan di lapangan," tambahnya.

Dia pun menegaskan bahwa bantuan paket sembako yang disalurkan pemerintah daerah setempat, melalui BPBD kabupaten setempat ini, sebagai wujud kepedulian pemerintah untuk meringankan kebutuhan warga yang terdampak musibah banjir kali ini.

Adapun bantuan paket sembako yang disalurkan  berupa beras, mie instan, teh, gula, dan ikan kaleng yang diserahkan kepada lima desa terdampak yaitu, Desa Tumbang Mangkutub, Desa Tumbang Muroi, Desa Katunjung, Desa Lapetan dan Desa Sidomulyo.

"Kita patut bersyukur karena warga di lima desa yang terdampak banjir di Kecamatan Mantangai ini sudah dapat kembali mulai melakukan aktivitas sebagaimana mestinya. Air yang menggenangi pemukiman penduduk di lima desa ini, sudah surut," kata Nafiah Ibnor.

Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut Asisten I Setda Kapuas Ilham Anwar, Asisten II Setda Kapuas Salman, sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Kapuas, Camat Mantangai Yubderi, unsur Tripika dan para Kades setempat.

Sementara itu, Camat Mantangai Yubderi mewakili warga di lima desa terdampak banjir menyampaikan terima kasih atas bantuan materiil maupun moril yang sudah diberikan pemerintah daerah melalui BPBD Kapuas maupun Dinas Sosial.

Baca juga: Pansus LKPJ DPRD Kapuas berikan rekomendasi hasil kerja ke pemkab

"Semua bantuan itu sudah kita didistribusikan kepada masyarakat melalui rekan-rekan kepala desa setempat. Jadi, kiranya bantuan-bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat kita," harapnya.

Disampaikannya juga, pada tanggal 5 April 2023 yang lalu, jumlah bantuan tersebar berjumlah 889 kepala keluarga (KK) yang tersebar di 4 desa, ditambah lagi 1 desa di daerah transmigrasi yakni desa Sidomulyo yang mana ada 11 kepala keluarga terdampak banjir.

"Jadi total keseluruhan jumlah yang terdampak 900 kepala keluarga," demikian Yubderi.

Baca juga: Alami peningkatan, DPRD Kapuas apresiasi antusias warga ikuti pawai takbir

Baca juga: Puluhan mobil hias meriahkan pawai takbir di Kapuas

Baca juga: Legislator Kapuas ingatkan pemudik utamakan keselamatan