Sebanyak 220 peserta didik tingkat SD Palangka Raya ikuti OSN-SD 2023

id Disdik Kota Palangka Raya,Palangka Raya,Kalteng,OSN-SD,SDN Percobaan Palangka Raya,220 Peserta Didik Ikuti OSN-SD,Sebanyak 220 peserta didik tingkat S

Sebanyak 220 peserta didik tingkat SD Palangka Raya ikuti OSN-SD 2023

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya Aprae Vico Ranan (gunakan masker) melakukan pemantauan lomba OSN-SD tingkat Kota setempat yang dipusatkan SDN Percobaan Jalan M.H Thamrin Palangka Raya, Senin (8/5/2023). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Sebanyak 220 peserta didik di tingkat Sekolah Dasar yang berada di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mengikuti pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN-SD) tingkat kota setempat 2023.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Aprae Vico Ranan di Palangka Raya, Senin, mengatakan kegiatan OSN-SD tahun ini dilaksanakan terpusat di SDN Percobaan dengan peserta total 220 peserta didik dari 32 satuan pendidikan jenjang SD/MI.    

"Untuk rincian peserta terdiri dari 110 peserta bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan 110 peserta dari bidang Matematika," katanya.

Dia menuturkan, pada pelaksanaan lomba tersebut semua peserta diharuskan mendownload aplikasi OSN yang telah disediakan pusat di perangkat android masing-masing.

Untuk durasi waktu pengerjaan soal diberikan selama 60 menit yang dimulai dari pukul 08.00-09.00 WIB.

Seleksi tingkat Kota Palangka Raya ini nantinya akan memilih lima orang peserta untuk mewakili daerah setempat, pada OSN tingkat provinsi. Kemudian peserta yang lolos OSN tingkat kota untuk setiap bidang lomba akan ditetapkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan surat keputusan Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

"Selanjutnya mereka juga akan mengikuti OSN tingkat provinsi pada 2023 ini. Kemudian Balai Pengembangan Talenta Indonesia nantinya akan mengumumkan hasil OSN tingkat kabupaten/kota melalui laman website pusat prestasi nasional dan media lain," ucapnya.

Pelaksanaan OSN-SD tingkat kabupaten/kota di Kota Palangka Raya secara umum berjalan lancar. Hanya ada sedikit kendala di awal pelaksanaan yakni ada  beberapa peserta tidak bisa login ke aplikasi OSN karena kendala jaringan.

Namun hal tersebut dapat segera diatasi oleh panitia sehingga semua peserta bisa mengerjakan soal dengan lancar sampai waktu yang ditentukan.
Kegiatan tersebut juga langsung dipantau oleh Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya Aprae Vico Ranan dan Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD, Rachmad Winarso.

Ditambahkan Vico, bahwa dengan adanya kegiatan OSN-SD tentunya merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran matematika dan IPA di jenjang SD/sederajat.

"Sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu melalui kegiatan OSN-SD ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif," kata Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya.