Perlu kolaborasi tiga pilar penting tingkatkan mutu pendidikan Kotim

id Perlu kolaborasi tiga pilar penting tingkatkan mutu pendidikan Kotim, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, disdik kotim, pendidikan, muhammad I

Perlu kolaborasi tiga pilar penting tingkatkan mutu pendidikan Kotim

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur, Muhammad Irfansyah. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Sampit (ANTARA) - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Muhammad Irfansyah mengatakan, kolaborasi tiga pilar sangat penting dalam mendukung suksesnya program dan peningkatan mutu pendidikan. 

"Pendidikan tidak hanya tugas pemerintah, tetapi ada tiga pilar yang menopang pendidikan. Semua harus berkontribusi, apalagi ini demi masa depan anak-anak kita," kata Irfansyah di Sampit, Sabtu. 

Dia menyebutkan, tiga pilar yang menopang pendidikan yaitu pemerintah, dunia usaha dan masyarakat. Ketiga pilar ini sama-sama memiliki peran penting dalam mendukung suksesnya bidang pendidikan. 

Pemerintah di semua tingkatkan mempunyai peran dan tanggung jawab dalam mendorong peningkatan pendidikan. Meski pemangku kepentingannya adalah Dinas Pendidikan, namun aparatur pemerintah seperti di kecamatan, kelurahan maupun perangkat kerja daerah lainnya wajib mendukung dan membantu sesuai dengan bidang masing-masing. 

Dunia usaha ikut bertanggung jawab karena perusahaan memiliki kewajiban menjalankan program tanggung jawab sosial atau CSR (corporate social responsibility), di antaranya di bidang pendidikan. 

Selain merupakan bagian dari kewajiban, perusahaan juga perlu mendukung bidang pendidikan karena juga akan berdampak terhadap peningkatan sumber daya manusia sekitar yang tidak menutup kemungkinan nantinya akan diperlukan direkrut menjadi karyawan untuk mendukung operasional oleh perusahaan. 

"Contohnya di daerah kita ini banyak perusahaan perkebunan kelapa sawit. Kalau setiap perusahaan membantu secara maksimal terhadap sekolah di lingkungan perusahaan maupun desa-sesa sekitar, saya yakin dampaknya akan sangat besar terhadap dunia pendidikan," kata Irfansyah. 

Sementara itu masyarakat juga menjadi bagian pilar penting karena cukup menentukan dalam mendukung program pendidikan. Masyarakat berbagai kelompok, termasuk pada orang tua mewujudkan peran, di antaranya melalui Komite maupun Paguyuban orang tua di sekolah. 

"Saya salut karena sejauh ini para orang tua peserta didik sangat mendukung program-program yang dijalankan pemerintah di bidang pendidikan. Sinergi dan kolaborasi ini harus terus ditingkatkan karena sangat bagus dalam mendukung dunia pendidikan," demikian Irfansyah.