Meriah dan megah, pembukaan APG di Stadion National Morodok Tekno

id kontingen indonesia,pembukaan ,asean para games 2023,kamboja

Meriah dan megah, pembukaan APG  di Stadion National Morodok Tekno

Defile Kontingen Indonesia saat pembukaan ASEAN Para Games 2023 di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (3/6/2023). Indonesia menurunkan 268 atlet untuk berlaga di 12 cabang olahraga pada ajang ASEAN Para Games 2023 Kamboja. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/rwa.

Phnom Penh (ANTARA) - Upacara pembukaan ajang ASEAN Para Games 2023 Kamboja di Stadion National Morodok Tekno Phnom Pehn berlangsung meriah dan megah, meski hujan deras mengguyur komplek tersebut sebelum acara dimulai.

 

Acara dimulai pada 19.00 waktu setempat, tetapi para pengunjung sudah memadati area di luar area stadion sejak siang hari dan baru bisa masuk pada 16.00.
 
Hujan deras berlangsung sekitar 30 menit, tetapi hal itu tidak menyurutkan para pengunjung untuk mengisi penuh stadion yang berkapasitas 60.000 orang itu. Mereka rela untuk sedikit kebasahan demi melihat acara pembukaan ASEAN Para Games 2023.
 
Para pengunjung mulai bersorak dan bernyanyi saat pertunjukan dari beberapa musisi lokal berlangsung.
 
Suasana stadion semakin heboh saat hitung mundur pembukaan ASEAN Para Games ke-12 dimulai dan diikuti pertunjukan cahaya yang gemerlap dan kembang api.
 
Setelah mendapatkan kata sambutan dari Perdana Menteri Kamboja, Ketua Komite Penyelenggaraan ASEAN Para Games ke-12 dan Kepala Federasi Olahraga Disabilitas ASEAN (APSF).
 
Baca juga: Api obor berpindah dari Indonesia ke Kamboja

Acara dilanjutkan dengan sebuah pertunjukan budaya megah bertajuk "Khmer Heart" disertai permainan cahaya dan menampilkan ratusan drum serta tarian tradisional Kamboja lalu penampilan musik dari para penyandang disabilitas.
 
Sebuah aksi stunt juga mewarnai pertunjukan tersebut saat 10 musisi bernyanyi sambil turun dari langit-langit stadion menggunakan tali pengaman.
 
Rangkaian opening ceremony diakhiri dengan lagu ofisial ASEAN Para Games dengan diiringi oleh ribuan pembawa bendera negara-negara partisipan.
 
Setelahnya, obor dinyalakan yang berarti ASEAN Para Games 2023 Kamboja resmi dibuka pada 3 Juni pada pukul 21.00.
 
 Baca juga: Pembukaan ASEAN Para Games 2023 diguyur hujan deras

Kontingen Indonesia berkekuatan 268 atlet untuk berjuang memenuhi target 121 medali emas, 94 perak, dan 84 perunggu.
 
Mereka akan bersaing pada 12 cabang olahraga yakni para-atletik, para-bulu tangkis, para-tenis meja, para-renang, para-angkat berat, judo tunanetra, para-catur, bola voli duduk, sepak bola cp, boccia, bola basket kursi roda, dan goalball.

Baca juga: Kontingen Indonesia carter pesawat ke Kamboja

Baca juga: ASEAN Para Games bekal menuju Paralimpide Paris