Diskominfo Kotim optimalkan kerja sama publikasi pembangunan

id Diskominfo Kotim optimalkan kerja sama publikasi pembangunan, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, diskominfo Kotim, marjuki, media massa

Diskominfo Kotim optimalkan kerja sama publikasi pembangunan

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur, Marjuki. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Sampit (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah berupaya mengoptimalkan kerja sama dengan media massa untuk penguatan publikasi informasi tentang pembangunan dan program pemerintah agar tersampaikan dengan baik dan benar kepada masyarakat. 

"Ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang program kegiatan pemerintah daerah. Masyarakat bisa dengan mudah memahami dan mengetahui bahwa pemerintah daerah betul-betul memperhatikan masyarakatnya melalui program kerjanya," kata Kepala Diskominfo Kotawaringin Timur, Marjuki di Sampit, Senin. 

Dia menjelaskan, keberadaan media massa menjadi perhatian pemerintah daerah karena memang jangkauannya sangat luas. Fungsi media massa akan sangat bermanfaat bagi pemerintah daerah dalam menyampaikan program pembangunan kepada masyarakat sehingga ada partisipasi masyarakat untuk menyukseskannya. 

Kerja sama pemerintah daerah dengan media massa dengan harapan setiap kegiatan, informasi yang dilaksanakan oleh kepala daerah agar terinformasikan dengan baik kepada masyarakat secara luas. 

"Dengan adanya media bekerja sama dengan kita maka harapan kita berita-berita yang dianggap tidak benar atau sumbernya tidak jelas juga bisa diluruskan," timpalnya. 

Marjuki menambahkan, kerja sama dengan media massa dalam rangka menjalin kemitraan yang saling menghargai, saling menghormati dan saling mendukung tugas dan fungsi masing-masing berdasarkan aturan dan ketentuan. 

Tujuan kerja sama ini tentu untuk menciptakan hubungan harmonis dan saling menguntungkan antara pemerintah daerah dan media massa dalam menyebarluaskan informasi, promosi maupun publikasi penyelenggaraan pemerintahan daerah. 

Media massa diharapkan membantu penyebarluasan informasi kegiatan pembangunan, penyelenggaraan pemerintahan dan kebijakan pemerintah daerah. 

Baca juga: Ratusan pebulu tangkis wilayah selatan Kotim ramaikan turnamen Bupati Cup I

"Kerja sama dengan media ini menjadi salah satu program prioritas Pak Bupati. Dengan harapan terwujudnya perluasan informasi dan publikasi penyelenggaraan pemerintahan daerah," Marjuki. 

Untuk itu, perlu kesamaan pemahaman dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan media massa. Tujuannya agar ada keterpaduan pengelolaan hubungan media dengan kegiatan lainnya secara optimal, selektif dan efisien. 

Media massa yang bekerja sama dengan pemerintah daerah diharapkan profesional dalam menjalankan tugas. Artinya memberitakan sesuatu yang betul-betul dari sumber yang benar. 

Fungsi Diskominfo dalam kerja sama ini memantau dan mengawasi dengan mengecek produk yang dihasilkan. Pemerintah daerah juga mendukung agar media massa lebih profesional dalam menjalankan tugasnya

"Selain berita yang disiarkan, kami juga tentu memantau keaktifan kawan-kawan di lapangan dalam rangka kerja sama ini. Tentu akan berbeda hasil berita jika memang didapat langsung saat kegiatan di lapangan," tambahnya. 

Marjuki mengatakan, evaluasi dan verifikasi tentu mereka lakukan secara berkala terkait kerja sama ini. Pemerintah daerah ingin kerja sama ini membawa manfaat, efektif dan efisien sesuai harapan. 

Diskominfo juga selalu membuka ruang untuk koordinasi, diskusi dan menerima masukan semua pihak demi kebaikan bersama karena semua pasti ada solusi. 

"Kita objektif saja. Kerja sama harus positif dan saling menguntungkan. Dari kerja sama ini, pemerintah daerah tentu ingin terciptanya citra atau imej positif pemerintah daerah di tengah-tengah masyarakat," demikian Marjuki. 

Baca juga: Bupati Kotim bagikan kursi roda untuk warga

Baca juga: Bupati Kotim bangga motor listrik karya SMKN 1 Cempaga

Baca juga: Pemkab Kotim berkomitmen tingkatkan bantuan keagamaan