Bupati Gumas berharap karnaval tingkatkan kecintaan terhadap budaya

id Bupati Gumas berharap karnaval tingkatkan kecintaan terhadap budaya, kalteng, gumas, Gunung mas

Bupati Gumas berharap karnaval tingkatkan kecintaan terhadap budaya

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong dan lainnya saat melepas peserta Karnaval Budaya dan Pawai Pembangunan di Taman Kota Kuala Kurun, Sabtu (17/6/2023). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong mengapresiasi partisipasi seluruh pihak yang telah ambil bagian dalam menyukseskan pelaksanaan Karnaval Budaya, dalam rangka hari jadi ke-21 kabupaten setempat.

“Semoga pelaksanaan karnaval budaya ini akan semakin meningkatkan kecintaan terhadap budaya kita,” ucapnya usai melepas peserta karnaval di Taman Kota Kuala Kurun, Sabtu.

Pelaksanaan karnaval budaya diikuti oleh 12 kecamatan yang ada di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’. Masing-masing kecamatan mengangkat tema yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Misalnya Kecamatan Tewah yang mengangkat tema kegiatan manugal di Desa Wisata Upon Batu, dan Kecamatan Manuhing yang mengangkat tema pesona Manuhing.

Kemudian Kecamatan Damang Batu yang mengangkat tema handep habaring hurung, Kecamatan Kurun mengangkat tema sangkai kambang, Kecamatan Rungan Barat mengangkat tema lawang sakepeng, dan lainnya.   

Karnaval budaya juga dibarengi dengan pawai pembangunan, yang diikuti oleh sejumlah perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas. Selain itu, sejumlah instansi juga ikut memeriahkan pawai pembangunan.

Baca juga: Legislator Gumas serap aspirasi masyarakat di Kampuri

Melalui pelaksanaan pawai pembangunan, tutur dia, diharap masyarakat bisa mengetahui berbagai capaian pembangunan yang selama ini telah dilakukan oleh Pemkab Gunung Mas.

“Semoga karnaval budaya dan pawai pembangunan yang kita lakukan ini bermanfaat bagi masyarakat dan juga meriah,” kata orang nomor satu di lingkup Pemkab Gunung Mas ini.

Sebelumnya, rangkaian peringatan Hari Jadi ke-21 Gunung Mas telah dilakukan dengan acara jalan sehat dan bakti sosial, di seluruh kecamatan yang ada di kabupaten setempat, 29 Mei hingga 12 Juni 2023.

Perayaan Hari Jadi ke-21 Gunung Mas akan berlanjut dengan pelaksanaan Festival Budaya Mihing Manasa, pameran pembangunan, dan lainnya. Kegiatan dipusatkan di Kuala Kurun hingga 21 Juni 2023.

“Saya mengajak masyarakat ikut merayakan Hari Jadi ke-21 Gunung Mas. Semoga seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan baik dan lancar hingga selesainya nanti,” demikian Jaya.

Baca juga: Pemkab Gumas berupaya bakti sosial kembali dilakukan di seluruh kecamatan

Baca juga: Kembangkan talenta generasi muda, Legislator Gumas bantu alat musik

Baca juga: Bupati Gumas minta masyarakat Pematang Limau kritis dalam pembangunan