Dekranasda optimistis wastra Kalimantan Tengah mampu mengoptimalkan pasar ekspor

id Pemprov kalteng, dekranasda kalteng, wastra borneo, wastra kalteng, kriya kalteng, benang bintik, pasar ekspor, kerajinan daerah, kalteng, kalimantan

Dekranasda optimistis wastra Kalimantan Tengah mampu mengoptimalkan pasar ekspor

Salah seorang model mengenakan wastra kreasi dari Kalimantan Tengah pada pagelaran busana Pesona Wastra Borneo di Palangka Raya, (14/7/2023). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah optimistis wastra maupun kriya dari daerah setempat dengan menampilkan ragam keindahan dan keunikan budaya disertai kualitas yang baik, mampu memperluas jangkauan pasarnya hingga ke tingkat ekspor.

"Melalui pagelaran busana Pesona Wastra Borneo, berbagai produk maupun karya unggulan wastra dari pelaku atau perajin dari Kalimantan Tengah, semakin terbantu promosinya kepada masyarakat Indonesia secara luas dan masif," kata Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran di Palangka Raya, Sabtu.

Pagelaran busana Pesona Wastra Borneo yang sukses terlaksana merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk menyukseskan sekaligus menyemarakkan Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBI-BBWI) di Palangka Raya, Kalimantan Tengah pada 13-16 Juli 2023.

Dalam pagelaran busana yang bertajuk "Glamorous of Benang Bintik" tersebut, ditampilkan ragam wastra karya kolaborasi desainer nasional Deden Siswanto bersama Himpunan Penjahit Kalimantan Tengah (Hapakat).

"Pesona Wastra Borneo ini, menunjukkan produk-produk lokal dapat dikreasikan dan dikembangkan menjadi tren mode yang modern tanpa menghilangkan unsur-unsur kebudayaan lokal, khususnya kebudayaan Kalimantan Tengah," tuturnya.

Baca juga: Sekda harapkan Kontingen Kalteng tampil maksimal pada Pornas Korpri

Lebih lanjut Ivo juga menegaskan, Dekranasda sebagai mitra pemerintah selalu berkomitmen mendukung pengembangan produk kerajinan sekaligus melestarikan nilai-nilai budaya Kalimantan Tengah yang tercermin dalam berbagai produk yang diciptakan oleh para perajin.

"Dekranasda juga menyiapkan regenerasi sumber daya manusia (SDM) perajin unggul dan mendorong perluasan pasar bagi produk-produk kerajinan Kalteng," ucapnya.

Perluasan pasar terhadap produk-produk perajin daerah ini, Dekranasda lakukan melalui berbagai program dan kegiatan, di antaranya melalui agenda pameran berskala nasional, menyediakan tempat untuk promosi produk seperti halnya di galeri Dekranasda, hingga membantu promosi ataupun pemasaran secara digital.

Dalam gelaran Harvesting Gernas BBI-BBWI di Palangka Raya saat ini pun, Dekranasda turun membuka stan yang menampilkan ragam produk kerajinan dari para perajin yang ada di Kalimantan Tengah, mulai dari wastra, kriya, serta lainnya.

Baca juga: Kalteng manfaatkan Harganas tingkatkan kesadaran masyarakat cegah stunting

Baca juga: 'Onboarding UMKM' bantu pelaku usaha Kalteng naik kelas

Baca juga: Dukung IKM naik kelas, Disdagperin Kalteng fasilitasi akses sertifikat HAKI