Alex Marquez tercepat di Sprint MotoGP Inggris

id alex marquez,sprint,motogp,inggris

Alex Marquez  tercepat di Sprint MotoGP Inggris

Pembalap Ducati Gresini Racing Alex Marquez saat sesi latihan pertama MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring di Hohenstein-Ernstthal, Jerman, 16 Juni 2023. Foto AFP/RONNY HARTMANN

Jakarta (ANTARA) - Pembalap Gresini Racing Alex Marquez keluar sebagai yang tercepat di sesi balapan Sprint MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Sabtu.


Alex menghadapi persaingan sengit dengan pembalap Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Ducati) dan Maverick Vinales (Aprilia Racing) yang masing-masing hanya terpaut 0,366 detik dan 3,374 detik pada balapan yang sempat diguyur hujan dan cuaca buruk tersebut.

"Senang bisa memulai musim 2023 ini lagi dengan kemenangan Sprint. Saya tahu sebelumnya bahwa hari ini adalah hari saya untuk memenangkan Sprint," kata Alex dikutip dari AFP.

"Saya sedikit mengantuk di tikungan pertama, tapi kemudian saya mengatakan saya perlu mendorong diri saya lebih keras karena saya merasa kondisi saya juga sangat baik," ujarnya menambahkan.

Di sisi lain, Bezzecchi yang merupakan pembalap dari tim satelit Ducati milik Valentino Rossi, juga menambah poin melalui raihan pole dalam babak kualifikasi yang digelar sebelum Sprint berlangsung.



Capaian Bezzecchi pun mengangkatnya menuju tempat kedua dalam klasemen sementara kejuaraan, terpaut 27 poin di belakang juara bertahan Francesco Bagnaia dari tim pabrikan Ducati jelang balapan utama MotoGP Inggris, Minggu (6/8).

Bagnaia sendiri finis di urutan ke-14 pada balapan Sprint, sementara pada babak kualifikasi, ia finis di posisi keempat di belakang Bezzecchi, Jack Miller (Red Bull KTM Racing Factory), dan Alex Marquez.

"Saya tetap fokus dan mampu finis sangat dekat dengannya (Marquez) jadi saya sangat senang dan berharap besok akan menjadi balapan dengan cuaca yang baik," kata Bezzecchi.

Sementara itu, grid untuk balapan utama dari posisi kelima hingga sepuluh diisi oleh Augusto Fernandez (Red Bull KTM Racing Factory), Luca Marini (Mooney VR46), Jorge Martin (Prima Pramac), Vinales, Johann Zarco (Prima Pramac), dan Brad Binder (Red Bull KTM Racing Factory).