DPRD Palangka Raya minta semua elemen terlibat cegah karhutla

id Wahid Yusuf,DPRD Palangka Raya

DPRD Palangka Raya minta semua elemen terlibat cegah karhutla

Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Wahid Yusuf. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Kalangan anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah meminta seluruh elemen yang ada di daerah itu terlibat untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Peristiwa karhutla di Kota Palangka Raya harus diantisipasi karena dapat mengakibatkan bencana kabut asap dan akan mengganggu kesehatan," kata Wakil Ketua I DPRD Palangka Raya, Wahid Yusuf.

Ia mengatakan, seperti misalnya terjadi di Kelurahan Petuk Katimpun, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya pada Senin (7/8/2023). Berawal dari laporan tim patroli Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng, tim gabungan bersama relawan langsung menuju lokasi titik kebakaran.

Proses pemadaman pun sempat terkendala akibat titik lokasi kebakaran yang sulit dijangkau dan lahan yang diperkirakan seluas satu hektar. Api begitu cepat merambat sehingga tim gabungan meminta bantuan pemadaman melalui udara.

Ia juga meminta semua elemen ikut terlibat dalam mencegah Karhutla. “Mencegah karhutla ini bukan hanya tugas pemerintah, namun juga semua elemen masyarakat. Termasuk juga pihak terkait lainnya,” ungkap Wahid, Senin (7/8/2023).

Dia menuturkan, peran semua pihak begitu penting dalam mencegah Karhutla. Sebab, apabila karhutla tidak bisa dicegah, tentu akan banyak dampak yang muncul. “Seperti mempengaruhi kesehatan dan juga perekonomian,” tuturnya sembari berharap langkah antisipasi Karhutla terus dilakukan sehingga ancaman musibah itu dapat terkendali.