DPRD Kapuas ikuti bimtek optimalisasi pembahasan APBD Perubahan 2023

id DPRD Kapuas ikuti bimtek optimalisasi pembahasan APBD Perubahan 2023, kalteng, kapuas

DPRD Kapuas ikuti bimtek optimalisasi pembahasan APBD Perubahan 2023

Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kapuas berfoto bersama dalam bimbingan teknis optimalisasi peran dan wewenang DPRD dalam Pembahasan APBD Perubahan tahun anggaran 2023 di Jakarta, Rabu (9/8/2023). ANTARA/HO-Setwan Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) optimalisasi peran dan wewenang DPRD dalam pembahasan APBD Perubahan tahun anggaran 2023.

"Unsur pimpinan dan anggota DPRD mengikuti bimtek memperkuat tupoksi (tugas pokok dan fungsi) DPRD," kata Ketua DPRD Kabupaten Kapuas, Ardiansah di Jakarta, Kamis.

Bimtek yang difasilitasi Universitas Respati Indonesia (Urindo) ini, selain optimalisasi peran dan wewenang DPRD dalam pembahasan APBD perubahan tahun anggaran 2023, serta menyongsong pemilihan umum (pemilu) serentak 2024 berintegrasi dan partisipatif. 

Politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) ini mengatakan, bahwa DPRD mempunyai hak dan kewajiban, serta tugas dan wewenang, baik secara individual maupun institusional.

"Bimtek kali ini bertujuan dalam rangka penguatan peran dan fungsi DPRD dalam pembahasan APBD Perubahan TA 2023 dan menyongsong pemilu serentak 2024," terangnya.

Menurutnya, dalam rangka menyongsong Pemilu 2024 sangat penting untuk bersama-sama dipahami. Tujuannya tentu dengan harapan dapat mensosialisasikan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada gelaran Pemilu 2024 mendatang.

Baca juga: Berkas perkara mantan bupati Kapuas dan istri dilimpahkan ke Tipikor Palangka Raya

"Untuk APBD Perubahan kita lebih mampu mencermati tahapan pengelolaan keuangan dalam rangka terlaksananya penataan keuangan secara optimal, transparan dan akuntabel," katanya.

Serta, tambahnya, disusun berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku untuk kegiatan pembangunan daerah yang konstruktif dan berkesinambungan bersama dengan pihak eksekutif.

"Untuk para anggota DPRD selaku peserta bimtek kiranya mengikuti kegiatan ini dengan serius," harapnya.

Sementara itu, Prof. Dr. Tri Budi Wahyuni Rahardjo, drg, MS selaku rektor Universitas Respati Indonesia menyampaikan suatu kehormatan bagi pihaknya atas kepercayaan dalam Bimtek ini yang sudah kedua kalinya.

"Harapannya topik yang diangkat akan bermanfaat bagi DPRD dalam mendukung kinerja pengembangan daerah sesuai tupoksi DPRD," kata Tri Budi Wahyuni Rahardjo.

Dia berharap bimtek ini menghasilkan rekomendasi yang strategis, demikian pula dalam rangka pemilu yang terintegrasi dan partisipatif. 

"Kami juga memohon agar kerja sama terus dilanjutkan, sebagai Kampus Merdeka, Merdeka Belajar, dalam Tridharma Perguruan Tinggi. Unversitas kami adalah Universitas Entrepreuner dan Ramah Lansia yang diakui secara internasional," demikian Tri Budi Wahyuni Rahardjo.

Baca juga: Pemkab Kapuas - Poliban kerja sama kembangkan "Desa Cerdas"

Baca juga: Disdik Kapuas apresiasi kelompok kerja Kepsek gelar lomba LKBB

Baca juga: BNPT berikan pemahaman pencegahan radikalisme dan terorisme di Kapuas