Komisi III DPRD Barsel dukung renovasi Pasar Saik Buntok

id Komisi III DPRD Barsel dukung renovasi Pasar SaikBuntok, kalteng, barsel, Barito selatan, Buntok

Komisi III DPRD Barsel dukung renovasi Pasar Saik Buntok

Ketua Komisi III DPRD Barito Selatan, Hermanes. ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok (ANTARA) - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah Hermanes mengapresiasi dan mendukung langkah pemerintah kabupaten setempat yang akan merenovasi Pasar Sayur dan Ikan (Saik) Beringin Buntok.

"Kita sangat mendukung langkah Pemkab Barito Selatan yang akan merenovasi pasar Saik ini," katanya di Buntok, Kamis.

Menurutnya, pada Pasar Saik Beringin Buntok ini sudah berkurang jumlah pembeli yang berkunjung dibandingkan dengan pasar pagi milik swasta.

"Hal tersebut disebabkan fasilitas yang ada di pasar ini sudah tidak layak lagi," ucap politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan itu.

Pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Barito Selatan yang berencana akan merenovasi Pasar Saik Beringin Buntok dan itu dilakukan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat terutama para pedagang yang berjualan di pasar tersebut.

"Kita juga sangat mengapresiasi penjabat bupati bersama jajarannya yang telah merespon informasi dari ketua DPRD Barsel dan keluhan dari masyarakat dengan meninjau secara langsung kondisi pasar dan juga merencanakan renovasinya," tambah Hermanes.

Sementara Penjabat Bupati Barito Selatan, DR Deddy Winarwan sebelumnya mengatakan sarana dan prasarana Pasar Sayur dan Ikan (Saik) Beringin Buntok ini perlu dilakukan renovasi.

"Berdasarkan hasil peninjauan, kondisi Pasar Saik ini memang cukup memprihatinkan, sehingga sarana serta prasarananya perlu dilakukan renovasi," katanya usai meninjau kondisi pasar tersebut, di Buntok, Sabtu lalu.

Ia mengatakan, pihaknya bersama-sama dengan DPRD Barito Selatan akan melaksanakan rapat membahas renovasi atau perbaikan pasar tersebut agar dapat dianggarkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024 mendatang.

Baca juga: DPRD Barsel dukung langkah pemkab laksanakan vaksin HPV dan RV

"Termasuk juga melakukan renovasi akses jalan masuk menuju pasar yang kondisinya saat ini sempit dan tidak terlihat dari jalan," jelas Deddy Winarwan.

Apabila memungkinkan lanjut dia, akses jalan masuk pasar tersebut diperlebar, supaya bisa terlihat luas dan juga tersedia lahan parkirnya.

"Dengan kondisi akses jalan masuk dan tempat parkir luas, serta sarana dan prasarananya dilengkapi, diharapkan bisa menarik minat pembeli datang ke pasar SAIK Beringin Buntok," harapnya.

Disamping melakukan renovasi, kata dia, pihaknya juga akan melakukan pengaturan jam operasional pasar, sehingga bisa terbagi jelas waktu operasional pasar pagi dengan Pasar Saik Buntok.

"Pengaturan jam operasional pasar pagi dan Pasar Saik tersebut agar semuanya bisa mendapatkan perlakuan adil dan setara," tambah dia.

Sedangkan Sekda Barito Selatan, Edy Purwanto sebelumnya juga menyampaikan, pihaknya saat ini sedang melakukan pembahasan APBD Perubahan 2023 dan APBD 2024.

"Sesuai arahan penjabat bupati, Pasar Saik ini akan menjadi perhatian khusus Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD)," ujarnya.

Dikatakannya, peninjauan yang dilaksanakan ini untuk melihat secara langsung kondisi Pasar Saik Buntok dan itu dilakukan agar bisa dilakukan sejumlah langkah, apakah pasar tersebut renovasi atau dibangun ulang.

Karena menurut dia, pada sebelah lokasi bangunan yang ada saat ini, ada tanah milik pemerintah kabupaten yang lahannya cukup luas yang bisa dibangun secara bertahap.

"Apabila pada lahan tersebut sudah dibangun pasarnya, maka Pasar Saik akan dipindah ke sebelahnya, dan bangunan Pasar Saik yang lama akan dibongkar. Itu rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada 2024 mendatang," kata Edy Purwanto.

Baca juga: Pemkab Barito Selatan canangkan imunisasi HPV dan RV serentak

Baca juga: Dua PAW anggota DPRD Barsel dari PKB resmi dilantik

Baca juga: Pemkab Barsel gerak cepat tangani kekeringan di Desa Murung Paken