DPRD Barsel dukung langkah pemkab laksanakan vaksin HPV dan RV

id Komisi I DPRD Barsel dukung langkah pemkab laksanakan vaksin HPV dan RV, kalteng, barsel, Barito selatan

DPRD Barsel dukung langkah pemkab laksanakan vaksin HPV dan RV

Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan, Jarliansyah saat di wawancarai pada kegiatan pencanangan imunisasi, di Buntok, Rabu (16/8/2023). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan, Jarliansyah mendukung langkah pemerintah kabupaten yang melaksanakan imunisasi Human Papillomavirus Vaccine (HPV) bagi anak perempuan usia 11 tahun dan Rotavirus (RV) bagi balita usia dua bulan secara serentak di wilayah setempat.

"Kita sangat mengapresiasi dan mendukung langkah pencanangan imunisasi secara serentak yang dilaksanakan pemerintah kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kesehatan itu," kata Jarliansyah di Buntok, Rabu.

Dikatakannya, dukungan juga akan dilakukan pihaknya juga dari segi anggaran agar pelaksanaan kegiatan imunisasi tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Vaksinasi HPV dan RV tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.

"Peningkatan derajat kesehatan masyarakat di daerah ini merupakan tanggungjawab bersama antara pemkab dan DPRD Barito Selatan serta seluruh pemangku kepentingan," ucap politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan itu.

Baca juga: Pemkab Barito Selatan canangkan imunisasi HPV dan RV serentak

Selain itu ia mengharapkan kepada Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan dapat bekerja sama untuk memastikan agar seluruh anak perempuan berusia 11 tahun di daerah ini bisa mendapatkan vaksinasi HPV.

"Begitu juga dengan bayi usia 2 bulan bisa mendapatkan imunisasi Rotavirus," kata politisi dari partai besutan Megawati Soekarnoputri ini.

Acara pencanangan imunisasi HPV dan RV yang berlangsung di halaman SD Islam Terpadu Baiturrahman Buntok tersebut dihadiri Penjabat Bupati Barito Selatan, DR Deddy Winarwan dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Kegiatan itu juga dihadiri Ketua TP PKK Barito Selatan, Erna Ardiani dan sejumlah pengurus Dharma Wanita serta Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat.

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah pelajar berusia 11 tahun pada SD itu disuntikkan vaksin HPV, sedangkan untuk bayi berusia dua bulan diberikan imunisasi RV yang pemberian vaksinnya dengan sistem tetes.

Baca juga: DPUPR Barsel prioritaskan pembangunan jalan menuju perdesaan pada 2024

Baca juga: Dua PAW anggota DPRD Barsel dari PKB resmi dilantik

Baca juga: Penjabat Bupati Barsel Cup 2023 dimeriahkan 31 tim sepak bola