Sambut Tabligh Akbar, Pemprov Kalteng sediakan banyak 'rest area' bagi masyarakat

id Pemprov kalteng, tabligh akbar, Guru Mulia Al Habib Umar Bin Hafidz, kalteng, kalimantan tengah, rest area palangkaraya, palangkaraya

Sambut Tabligh Akbar, Pemprov Kalteng sediakan banyak 'rest area' bagi masyarakat

Salah satu tempat istirahat yang disediakan Pemprov Kalteng yakni di Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalimantan Tengah, Palangka Raya, Selasa, (22/8/2023). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Menyambut pelaksanaan Tabligh Akbar Guru Mulia Al Habib Umar Bin Hafidz, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyediakan banyak rest area atau tempat istirahat bagi masyarakat atau jamaah berbagai daerah yang datang ke Kota Palangka Raya.

"Rest area atau posko yang terdata di bawah Pemprov Kalteng mencapai puluhan, namun di luar itu masih banyak juga yang menyediakan, baik dari swasta maupun masyarakat yang jumlahnya mencapai ratusan," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kalimantan Tengah, Agus Siswadi di Palangka Raya, Selasa.

Agus memaparkan, semangat berbagai pihak dalam menyukseskan pelaksanaan Tabligh Akbar ini begitu luar biasa. Berbagai rest area tersebut, tak hanya sebagai tempat peristirahatan saja, namun juga dapat dimanfaatkan untuk menginap bagi para warga atau jamaah luar daerah yang datang.

Adapun beberapa di antaranya perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang sudah menyiapkan untuk membuka posko pelayanan jamaah, seperti Diskominfosantik, Dislutkan, BPBPK, Dinas Ketahanan Pangan, Disperkimtan, Bappedalitbang, Disnakertrans, Disbudpar, Dinkes, Dinas TPHP, Diskop dan UKM, serta lainnya.

"Silakan bagi masyarakat yang datang khususnya dari luar daerah, agar dapat memanfaatkan berbagai rest area yang telah disediakan tersebut," ajaknya.

 

Salah satu rest area yang disediakan masyarakat di Masjid Raya Nurul Islam di Jalan Ahmad Yani Palangka Raya, Selasa, (22/8/2023). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)


Sementara itu, berdasarkan pantauan ANTARA, selain dari perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, baik swasta maupun masyarakat tampak antusias menyukseskan Tabligh Akbar dengan membuka rest area di berbagai tempat.

Salah satu rest area yang cukup strategis dan sangat siap menyambut kedatangan dari jamaah luar daerah, yakni Posko Relawan yang berada di Masjid Raya Nurul Islam di Jalan Ahmad Yani Palangka Raya.

Koordinator Posko, Muja mengatakan, posko atau rest area yang pihaknya sediakan dibuka untuk masyarakat khususnya jamaah luar daerah yang ingin menghadiri Tabligh Akbar. Di rest area ini jamaah dapat menginap, mandi hingga disediakan berbagai konsumsi secara gratis.

"Saat ini pun sudah ada yang menghubungi kami, yakni jamaah dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yakni sekitar tiga buah bus beserta mobil," tuturnya.

Baca juga: Warga Sukamara terbantu dengan fasilitasi 'rest area' Dishanpang Kalteng

Baca juga: Kalteng pilih varietas IR-42/PB-42 antisipasi dampak El Nino

Baca juga: Dislutkan Kalteng gandeng DAD dalam pengawasan sumber daya KP