Atlet sepeda asal Kalteng lolos PON 2024

id PON XXI Medan dan Aceh ,Ketua ISSI Kalteng Rahmah Nasution Hamka,PON 2024,Rahmat Nasution Hamka, Dandy Orlen, Bintang Ramadhan

Atlet sepeda asal Kalteng lolos PON 2024

Atlet sepeda asal Kalteng yang mengikuti kejuaraan balap sepeda di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, Jumat (25/8/2023). ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Atlet sepeda asal Kalteng binaan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) provinsi setempat lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Medan dan Aceh, setelah menjuarai dalam ajang Pra PON di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, atlet tersebut yakni Dandy Orlen dan Bintang Ramadhan.

Ketua Harian Pengprov ISSI Kalteng Rahmat Nasution Hamka di Palangka Raya, Jumat, mengatakan selain itu atlet sepeda Kalteng juga berhasil meraih medali emas dan perak pada Kejuaraan Nasional Balap Sepeda atau Pra PON yang dilaksanakan di lokasi yang sama, yakni Lubuk Linggau.

"Alhamdulillah kita ISSI Kalteng bersyukur atas lolosnya atlet sepeda Kalteng ke PON XXI 2024 di Aceh dan Medan. Selain lolos PON atlet sepeda kita juga berhasil meraih medali emas dan perak kategori Individual Road Race (IRR) pada kejuaraan tersebut," kata Rahmat Nasution Hamka.

Pada seleksi PON XXI 2024 dan Kejurnas Balap Sepeda di Lubuk Linggau, ISSI Kalteng mengirimkan enam atlet sepeda dan didampingi empat orang official. Seleksi dilaksanakan dari 23-27 Agustus 2023.

"Atlet yang kami kirim ikut seleksi PON dan Kejurnas ini merupakan atlet hasil Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang dilaksanakan di Kabupaten Kotawaringin Timur, pada 25 Juli hingga 5 Agustus 2023. Dan sebelum kita berangkatkan, mereka telah mengikuti training camp di Kota Palangka Raya sekitar satu bulan," katanya.

Rahmat mengungkapkan, prestasi atlet sepeda Kalteng tidak lepas dari dukungan seluruh masyarakat Kalteng, khususnya Ketua Umum (Ketum) Pengprov ISSI Kalteng Sugianto Sabran.

"Kami sampaikan terima kasih kepada bapak Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang juga Ketua Umum ISSI Kalteng atas dukungan kepada para atlet. Seluruh pelatih dan official serta pengurus ISSI kabupaten/kota yang mendukung kemajuan olahraga dan atlet sepeda di Kalteng," bebernya.

Atlet yang dikirim mengikuti seleksi PON dan Kejurnas Balap Sepeda di Lubuk Linggau berasal dari Kota Palangka Raya, Kotawaringin Timur dan Kapuas.

Dia berharap atlet yang lolos PON XXI 2024 dapat memberikan hasil maksimal nantinya, sehingga mampu membawa pulang medali.

"Dengan lolosnya atlet kita di PON 2024, tentu ini menjadi satu kebanggaan dan sebagai langkah awal untuk meraih prestasi di tingkat nasional. Untuk itu, kita akan maksimalkan ikhtiar, agar atlet bisa meraih medali di PON tahun depan," demikian Rahmat Nasution Hamka.

Adapun atlet sepeda Kalteng yang mengikuti seleksi PON, yakni Bintang Ramadan, Dandy Orlen JR Pongpalilu, Qodri Azizi, Ghifari Nataputra Indrawan, Hamdan Jamaludin dan Sigit Ramadhani.

Dari enam atlet tersebut Dandy Orlen berhasil meraih medali emas dan Bintang Ramadhan meraih medali perak Kejurnas Balap Sepeda Lubuk Linggau.