Polda Kalteng gelar Operasi Zebra wujudkan Pemilu 2024 kondusif

id POlda Kalteng ,Operasi Zebra Telabang 2023,Kabid Humas Kombes Pol Erlan Munaji ,Dirlantas Podal Aklteng Kombes Pol R.S Handoyo,Polda Kalteng gelar Ope

Polda Kalteng gelar Operasi Zebra wujudkan Pemilu 2024 kondusif

Irwasda Polda Kalteng Kombes Pol Ady Soeseno menyematkan pita kepada personel gabungan yang terlibat dalam Operasi Zebra Telabang 2023 di halaman Barigas Polda setempat, (4/9/2023). ANTARA/Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Polda Kalimantan Tengah menggelar Operasi Zebra Telabang 2023 sebagai langkah menciptakan kelancaran lalu lintas yang kondusif selama tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Operasi Zebra Telabang 2023 ini merupakan operasi rutin setiap tahunnya, untuk meningkatkan kepatuhan dan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas," Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes Pol R.S Handoyo usai melaksanakan apel gelar pasukan di halaman Barigas Mapolda Kalteng di Palangka Raya, Senin.

Apel gabungan tersebut dipimpin oleh Irwasda Polda Kalteng Kombes Pol Ady Soeseno dan diikuti instansi terkait, seperti Denpom , Dinas Perhubungan dan Jasa Raharja.

Selain tim gabungan, apel juga diikuti puluhan personel lainnya, di antaranya dari Brimob dan Direktorat Sabhara Polda Kalteng.

Kepala Bidang Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji mengungkapkan, penindakan pada operasi patuh tahun ini menggunakan metode teguran humanis, sistem tilang elektronik dan tilang manual secara mobile maupun statis.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya minta warga waspada penurunan kualitas udara

Tentunya dengan sasaran pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm atau pengemudi tidak menggunakan safety belt atau sabuk pengaman, pengendara di bawah umur, pengendara pengaruh alkohol, berboncengan lebih dari satu orang, melebihi kecepatan dan melawan arus.

"Tentunya ini untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, sesuai dengan tema operasi zebra tahun ini yakni mewujudkan  keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) kondusif menuju Pemilu damai 2024 mendatang," ucap Erlan.

Operasi Zebra Telabang tersebut dilaksanakan mulai 4-17 September 2023. Operasi melibatkan sebanyak 364 personel yang tersebar di Polda Kalteng dan Polres jajarannya.

"Diharapkan dengan dilaksanakannya Operasi Zebra Telabang 2023 ini nantinya kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas terus meningkat, khususnya di wilayah Kota Palangka Raya," demikian Perwira Polri berpangkat melati tiga itu.

Mulai hari ini, ratusan personel yang terlibat dalam Operasi Zebra Telabang 2023 langsung melaksanakan kegiatan operasi di sejumlah titik sesuai dengan aturan yang telah diberlakukan. 

Baca juga: Tim pemadam antisipasi karhutla dekati permukiman warga

Baca juga: Daging ayam ras dan beras jadi penyumbang deflasi di Palangka Raya

Baca juga: Polresta libatkan puluhan personel tangani karhutla di Palangka Raya