Bupati Bartim: Keberhasilan pembangunan sangat ditentukan partisipasi masyarakat

id Bupati Bartim: Keberhasilan pembangunan sangat ditentukan partisipasi masyarakat, kalteng, bartim, Barito timur, ampera AY mebas

Bupati Bartim: Keberhasilan pembangunan sangat ditentukan partisipasi masyarakat

Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas. ANTARA/Habibullah 

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas mengatakan, keberhasilan pembangunan sangat ditentukan partisipasi masyarakat.

“Hal ini sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2014 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional,” kata Bupati Barito Timur di Tamiang Layang, Kamis.

Menurutnya, penting bagi pemerintah, organisasi internasional, dan pemangku kepentingan lainnya untuk menciptakan mekanisme yang memfasilitasi partisipasi aktif masyarakat dalam proses pembangunan.

Hal ini dapat mencakup penyediaan informasi yang transparan, pelibatan dalam konsultasi publik, dan pemberian pelatihan dan sumber daya yang diperlukan bagi masyarakat agar dapat berperan aktif.

Dengan menjadikan partisipasi masyarakat sebagai landasan utama, pembangunan dapat menjadi lebih efektif, berkelanjutan, dan sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat. Oleh karena itu, partisipasi masyarakat bukan hanya menjadi aspek penting dalam proses pembangunan, tetapi juga merupakan kunci keberhasilan yang sejati.

Baca juga: Satwa langka jadi korban karhutla di Bartim

Dengan begitu, tambahnya, maka perlu dilakukan reposisi peran pemerintah daerah dan masyarakat dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pelestarian hasil pembangunan daerah untuk mendorong partisipasi masyarakat agar turut serta dalam pembangunan di desa maupun kelurahan.

Menurutnya, seluruh desa yang sangat tertinggal dan tertinggal perlu mendapat perhatian pembangunan guna mempercepat keluar dari masalah ketertinggalan menjadi desa berkembang, desa maju dan desa mandiri.

“Jadi kita bisa mengetahui mana desa tertinggal, desa yang berkembang, desa maju maupun desa mandiri,” kata Ampera.

Ampera meminta semua organisasi perangkat daerah yang berkaitan dengan pembangunan dan pemerintahan desa agar selalu membuat tembusan surat ke Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Barito Timur.

“Terutama tentang data-data yang berkaitan dengan desa dan perdesaan di wilayah Kabupaten Barito Timur,” kata pria yang meraih gelar doktor di bidang ekonomi itu.

Baca juga: Masyarakat Bartim diminta tidak membakar lahan

Baca juga: Pelantikan pejabat baru di Bartim untuk tingkatkan kualitas pelayanan publik

Baca juga: Bupati Bartim: Pramuka harus berperan ciptakan SDM profesional