Bupati Bartim: Pramuka harus berperan ciptakan SDM profesional

id Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas, Barito Timur, bartim, kalteng, hari ulang tahun pramuka, pramuka, pramuka di bartim

Bupati Bartim: Pramuka harus berperan ciptakan SDM profesional

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas berpesan sekaligus mengingatkan bahwa keberadaan Pramuka di kabupaten setempat, harus mampu berperdan dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan berwawasan kebangsaan.

"Saya bangga dengan Pramuka yang bisa mencetak generasi muda yang kreatif, handal dan profesional," kata Ampera di peringatan HUT Pramuka ke-62 di Tamiang Layang, Kamis.

Menurut dirinya, sekarang ini gerakan pramuka terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan pemerintah, khususnya menangani pendidikan non formal dalam pembentukan karakter anak-anak bangsa.

Ampera mengatakan bahwa dalam sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Waseso yang dibacakan oleh dirinya, terlihat bawah gerakan pramuka yang ada harus terus maju dan semakin berkembang. Hal ini pun sejalan dengan tema utama peringatan HUT ke-62 Pramuka "Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan".

"Jadi, kita di Bartim ini juga perlu memberikan dorongan agar terciptanya SDM yang profesional, ini karena SDM kita saat ini, masih jauh dari yang kita harapkan," katanya.

Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Bartim itu memuji adik-adik pramuka yang memiliki gambar atau simbol-simbol pramuka. Ini menandakan mereka memiliki keahlian sesuai simbol-simbol tersebut.

Dia mengatakan dengan gerakan pramuka, maka anak-anak diberikan wawasan kebangsaan agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur, dengan tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara.

"Melalui gerakan pramuka, adik-adik pramuka sudah diberikan pelatihan sedini mungkin. Ini merupakan salah satu upaya meningkatkan SDM melalui pramuka," kata Ampera.

Baca juga: Bupati Barito Timur pastikan dana Pilkada 2024 tersedia

Hal tersebut, tambah Ampera, diberikan sejak dini melalui gerakan pramuka dengan harapan anak-anak bangsa yang ada di Kabupaten Barito Timur bisa menjadi penerus bangsa yang profesional dan memiliki wawasan kebangsaan..

Pemerintah Kabupaten Barito Timur memperingati HUT ke-62 Hari Pramuka di Halaman Kantor Bupati Barito Timur.  Upacara memperingati HUT ke-62 Hari Pramuka dipimpin langsung Bupati Bartim, Ampera AY Mebas, dan dihadiri Wabup Bartim Habib Said Abdul Saleh Al Qadry, Ketua DPRD Barito Timur Nur Sulistio, Kapolres Bartim AKBP Viddy Dasmasela, Ketua PN Tamiang Layang Isa Nazarudin, Sekda Bartim Panahan Moetar, Kepada OPD lingkup Pemkab Bartim, Para Kwartir Pramuka Barito Timur, dan anak-anak pramuka dari tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat.

Baca juga: Bupati Bartim harapkan makam misionaris Ernst Wilhelm Feige menjadi situs bersejarah

Baca juga: OPD di Bartim diminta lebih serius tangani stunting

Baca juga: PUPR Perkim Bartim: Pembangunan jalan ke Kalinapu selesai 2023