Bupati Barito Timur pastikan dana Pilkada 2024 tersedia

id Pemkab bartim, bupati bartim, ampera ay mebas, pemilu 2024, pilkada bartim 2024, tamiang layang, bartim, barito timur

Bupati Barito Timur pastikan dana Pilkada 2024 tersedia

Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas. (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan tengah Ampera AY Mebas memastikan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024 dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

“Kita sudah berkomitmen dan kita sudah menyiapkan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada 2024,” kata Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Kamis.

Dia menjelaskan, dana yang disetujui yakni Rp19,5 miliar. Dana tersebut diakomodasi dalam dua tahapan yakni APBD Perubahan 2023 sebesar Rp7,8 miliar dan pada APBD 2024 sebesar Rp11,7 miliar.

Lanjut Ampera, dirinya juga menekankan kepada penyelenggara pemilu agar meningkatkan partisipasi masyarakat pada saat pelaksanaannya nanti, dengan harapan masyarakat bisa memilih calon pemimpinnya dengan baik dan dapat melanjutkan pembangunan di Kabupaten Barito Timur serta menyejahterakan masyarakat.

Baca juga: Bupati Bartim harapkan makam misionaris Ernst Wilhelm Feige menjadi situs bersejarah

Ampera menambahkan, dana terkait pengawasan maupun pengamanan Pilkada 2024 juga diakomodasi sesuai porsinya. Dana tersebut diperuntukkan kepada Bawaslu Barito Timur, Kodim 1012 Buntok dan Polres Barito Timur.

Untuk diketahui, KPU Barito Timur sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 81.100 jiwa, dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 351 TPS yang tersebar pada 10 kecamatan yang terdiri dari 100 desa dan tiga kelurahan.

Dari DPT sebanyak 81.100 jiwa itu terdiri dari pemilih perempuan sebanyak 39.993 jiwa dan pemilih laki-laki sebanyak 41.107 jiwa.

“Masyarakat saya harapkan turut berperan aktif dan menggunakan hak pilihnya dengan baik pada saat pemilihan nanti. Karena itu, saya mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi dan menyukseskan Pemilu serta Pilkada 2024 nanti,” pintanya.

Hal serupa juga disampaikan Kapolres Barito Timur, AKBP Viddy Dasmasela. Perwira berpangkat melati dua di pundak itu menegaskan, pihaknya siap menyukseskan Pemilu Serentak 2024, termasuk Pilkada Barito Timur pada tahun depan.

Baca juga: OPD di Bartim diminta lebih serius tangani stunting

Baca juga: PUPR Perkim Bartim: Pembangunan jalan ke Kalinapu selesai 2023

Baca juga: DPRD apresiasi langkah Polri lakukan penanaman pohon di Bartim