Garuda Kalteng dukung Prabowo di Pilpres 2024

id Sekjen DPP Garuda,Johanna Murtika,Garuada Kalteng,Hamidan,Kalteng,Palangka Raya,Garuda Kalteng dukung Prabowo di Pilpres 2024,Partai Garuda

Garuda Kalteng dukung Prabowo di Pilpres 2024

Sekjen DPP Garuda Johanna Murtika (kiri) Ketua DPD Garuda Kalteng, Hamidan saat diwawancarai sejumlah awak media di Palangka Raya, Selasa (12/9/2023). ANTARA/Ronny NT

Palangka Raya (ANTARA) - Sekjen DPP Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), Johanna Murtika menegaskan partainya khususnya di Kalimantan Tengah (Kalteng), mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (bacapres) dalam kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

"Dari DPP Garuda sendiri sudah memberikan dukungannya kepada H. Prabowo Subianto sebagai calon presiden di Pilpres 2024, dan kami berharap dari semua pengurus DPD muapun DPC seluruh Indonesia satu komando bersama kami," kata Johanna Murtika saat membuka pembekalan bakal calon legislatif (Bacaleg) Provinsi dan Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Selasa.

Baca juga: Garuda Kalteng targetkan 21 kursi pada Pemilu 2024

Johanna menjelaskan, untuk memperjuangkan seorang presiden tidak mungkin kami dari DPP bisa bekerja atau berjalan sendirian. 

Pastinya dibutuhkan adanya kerjasama antara DPD dan DPC untuk memenangkan, bukan hanya H. Prabowo Subianto sebagai presiden namun Partai Garuda harus bisa menembus ambang batas parlemen.

Baca juga: KPU terima berkas pendaftaran bacaleg dari Partai Garuda

Saat ditanya, seandainya ada sejumlah kader yang membelot untuk tidak mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden, Johanna menjelaskan, bahwa harapannya kami ingin satu komondo, tapi jikalau memang ada hal-hal demikian maka kembali lagi pada individunya.

"Kami sudah menyampaikan, jika itu tidak dilakukan dan dilaksanakan apalagi posisinya sebagai ketua, kita akan pastikan untuk diperingatkan. Bahwa kita satu komando jangan sampai memperlihatkan partai kita tidak solid dan harus tetap optimis," katanya.

Baca juga: Partai Garuda bantu korban kebakaran Palangka Raya

Baca juga: Alasan Partai Garuda dukung Prabowo di Pilpres 2024

 
Sekjen DPP Garuda Johanna Murtika saat diwawancarai sejumlah awak media di Palangka Raya, Selasa (12/9/2023). ANTARA/Ronny NT

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi menjelaskan alasan partainya mendukung Prabowo Subianto sebagai bacapres pada Pilpres 2024.
 
“Ketika kalah dalam Pilpres 2019, Prabowo tentu dalam keadaan kecewa, tapi beliau mampu mengambil sikap, mematikan kekecewaannya, dengan membela orang yang mengalahkannya,” kata Teddy.
 
Dia menjelaskan walaupun Prabowo dalam keadaan kecewa pasca-Pilpres 2019 yang bersangkutan rela menjadi “benteng” orang yang mengalahkannya.

Baca juga: Partai jangan terbawa arus rivalitas, kata Waktum Garuda

Menurut dia, Prabowo rela dihina, dimaki, dan disalahkan oleh orang-orang yang menyanjungnya agar rakyat tidak berlarut-larut dalam pertengkaran.
 
“Masing-masing punya pandangan sendiri dalam mendukung bacapres, dan kami tidak bisa mengatakan bahwa alasan kalian salah, calon yang kalian pilih salah, atau yang paling benar alasan kami dan calon kami. Karena itu hak masing-masing dalam menilai calon yang akan didukung,” ujarnya.
 
Teddy menjelaskan bahwa Pasal 235 ayat 5 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pemilu mewajibkan setiap partai wajib mendukung pasangan capres-cawapres.

Baca juga: Partai Garuda apresiasi KPU sistem pendaftaran calon peserta Pemilu permudah parpol

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga, pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Ketua DPD Garuda Kalteng, Hamidan mengatakan siap dan mendukung penuh Prabowo Subianto sebagai bacapres dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Tentunya apa yang sudah menjadi arahan DPP kita siap menjalankannya dengan satu komondo, tetap solid dan optimis," tegas Hamidan.

Baca juga: Dokumen pendaftaran delapan dari 11 parpol dinyatakan lengkap

Ia meminta kesiapan dan kesanggupan dari semua pimpinan DPC hingga ke PAC yang ada di Kalteng bisa bekerja lebih keras lagi baik dalam hal pemenangan capres maupun caleg di 2024.

Hamidan menegaskan, bahwa kami berjuang dan bekerja untuk perubahan Indonesia. Dan setiap kader kami adalah patriot-patriot bangsa yang selalu siap menyingsingkan lengan baju untuk mewujudkan cita-cita para pendiri Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, Ketua Panitia pembekalan bacaleg Provinsi dan Kabupaten/Kota Provinsi Kalteng, Nur Sari mengatakan dengan adanya kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran berpolitik dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 bagi para bacaleg se-Kalteng.

Baca juga: Hamidan siap besarkan Partai Garuda di Kalteng

"Bacaleg se-Kalteng bukan hanya diberi pembekalan saja, namun berkesempatan untuk mengetahui hingga mempelajari peta politik dalam pemenangan bacaleg di 2024," katanya.

Ia menambahkan, dengan kehadiran Sekjen hingga Waketum DPP Partai Guruda bisa menambah pengetahuan dan pengalaman dalam pendidikan berpolitik hingga strategi apa yang mana nantinya bisa digunakan untuk bertarung pada Pilpres 2024 hingga bacaleg.

Baca juga: Ketua DPD Garuda Kalteng: Jadikan Paskah dan Ramadhan sebagai momen memupuk toleransi

Baca juga: Garuda Kalteng: Belajar ikhlas dan bersabar di Idul Adha