DPKP Kobar sosialisasikan pentingnya perizinan berusaha bagi nelayan

id Dinas DPKP Kobar sosialisasikan pentingnya perizinan berusaha bagi nelayan, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat, Pangkalan bun

DPKP Kobar sosialisasikan pentingnya perizinan berusaha bagi nelayan

Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan saat berikan sosialisasi kepada para nelayan di Desa Tanjung Putri, Selasa (12/9/2023). ANTARA/HO-DPKP Kobar

Pangkalan Bun (ANTARA) - Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Kotawaringin Barat melaksanakan sosialisasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi dan informasi tentang perizinan berusaha di bidang perikanan secara online atau yang lebih dikenal Penyelenggaraan Sistem Perizinan Berusaha Berbasis Risiko (OSS-RBA). 

"Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh perwakilan pelaku usaha penangkapan ikan yang berasal dari Desa Tanjung Putri, Sebuai dan Tanjung Terantang," kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas DPKP Kobar, Manis Suharjo di Pangkalan Bun, Rabu.

Manis mengatakan, penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis risiko melalui sistem OSS tersebut merupakan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

"Karena izin usaha sangat penting dalam mendukung legalitas seluruh kegiatan usaha yang dijalankan pelaku usaha," ucapnya.

Dia menyampaikan, dilaksanakan kegiatan sosialisasi tersebut, dalam rangka untuk menyebarluaskan dan memberikan pendampingan kepada masyarakat.

Baca juga: Polisi tangkap 12 orang pencuri 6,5 ton buah sawit di Kobar

"Salah satunya dalam mengakses OSS-RBA untuk memperoleh legalitas perizinan berusaha di bidang perikanan khususnya penangkapan ikan,” disampaikannya.

Manis menjelaskan, dalam hal ini Nomor Induk Berusaha (NIB), merupakan izin tunggal yang juga berlaku sebagai identitas dan legalitas usaha. 

"Karena NIB yang diterbitkan ini juga menjadi salah satu syarat untuk mengakses bantuan baik dari kabupaten, provinsi maupun bantuan yang berasal dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)," jelasnya.

Dia menambahkan, melalui kegiatan ini pemerintah daerah berharap ini dapat menjadi pemacu peningkatan kesadaran bagi nelayan tentang pentingnya perizinan berusaha.

"Tidak hanya sebagai upaya tingkatkan kesadaran para nelayan, saya juga berharap dengan melalui sosialisasi ini dapat memberikan solusi kepada setiap pelaku usaha yang masih mengalami kendala atau kesulitan dalam pengurusan perizinan," demikian Manis Suharjo.

Baca juga: BMKG Kobar imbau masyarakat tingkatkan kewaspadaan terhadap cuaca buruk

Baca juga: Harhubnas momentum meningkatkan sinergitas insan perhubungan di Kobar

Baca juga: Kotawaringin Barat raih penghargaan di bidang ketenagakerjaan