BMKG Kobar imbau masyarakat tingkatkan kewaspadaan terhadap cuaca buruk

id Bmkg kobar, cuaca buruk kobar, pangkalan bun, pesisir kalteng, kobar, kotawaringin barat

BMKG Kobar imbau masyarakat tingkatkan kewaspadaan terhadap cuaca buruk

BMKG Kobar. (ANTARA/Safitri RA)

Pangkalan Bun (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kelas III Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat (Kobar), mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca buruk di daerah setempat.

"Kondisi cuaca yang perlu diwaspadai saat ini adanya gelombang tinggi dan angin kencang di wilayah Kobar," kata Kepala Stasiun Kelas III Pangkalan Bun Aqil Ihsan di Pangkalan Bun, Senin.

Aqil mengatakan yang harus diwaspadai adalah peningkatan angin kencang >25 knot (46 km/jam), dan peringatan dini gelombang tinggi.

Baca juga: Harhubnas momentum meningkatkan sinergitas insan perhubungan di Kobar

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Tenggara-Barat dengan kecepatan angin berkisar 6-25 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan 8-28 knot.

Dia menyampaikan, dengan melihat potensi terjadinya gelombang tinggi tersebut, pihaknya berharap masyarakat untuk memerhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

Baca juga: Kotawaringin Barat raih penghargaan di bidang ketenagakerjaan

Lebih lanjut Aqil menambahkan, dirinya mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang tinggal di daerah pesisir untuk lebih berhati-hati dan selalu waspada.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," demikian Aqil.

Baca juga: Polres Kobar bantu penuhi keperluan kesehatan masyarakat

Baca juga: Pj Bupati minta perayaan HUT Kobar ke-64 menghadirkan musisi lokal

Baca juga: Pj Bupati Kobar berharap hadirnya Jambore UMKM bangkitkan semangat pelaku usaha

Baca juga: Pemkab merilis desain logo HUT Kobar ke-64