Apple hadirkan EarPods versi USB-C

id Apple ,EarPods ,USB-C

Apple hadirkan EarPods versi USB-C

Apple merilis EarPods dengan pengisian daya USB-C. (ANTARA/apple.com)

Jakarta (ANTARA) - Setelah merilis iPhone 15 dengan port pengisian daya USB-C, Apple turut memperbarui sistem pengisian daya pada ekosistem mereka, termasuk untuk earphone kabel EarPods.

EarPods USB-C, menurut laman penjualan Apple, dikutip Kamis, bisa digunakan untuk iPhone dengan colokan USB-C yang berjalan dengan iOS 17 ke atas, yakni iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Perangkat jemala EarPods terbaru itu juga bisa digunakan untuk iPad USB-C dengan iPadOS 16.4 ke atas, antara lain iPad Pro 12,9 inci gen 6, iPad Pro 12,9 inci gen 5, iPad Air gen 5 dan iPad gen 10.

Baca juga: Apple lengkapi AirPods Pro generasi kedua dengan USB-C

EarPods terbaru juga bisa digunakan untuk komputer Mac USB-C minimal menggunakan sistem operasi macOS Monterey 12.6, seperti MacBook Air dan MacBook Pro yang menggunakan chip M1 dan M2, MacBook keluaran 2015-2017, Mac Studio dan Mac mini keluaran 2022-2023.

EarPods USB-C, yang dipasarkan seharga 19 dolar Amerika Serikat (sekitar Rp291.600), dilengkapi dengan remot built-in untuk menyesuaikan volume suara, mengatur pemutaran musik dan menjawab/mematikan telepon.

Bersamaan dengan peluncuran iPhone 15, Apple juga memperkenalkan earbuds nirkabel AirPods Pro generasi kedua dengan pengisian daya USB-C.

Negara-negara Uni Eropa sepakat menerapkan aturan common charger, satu pengisi daya untuk berbagai perangkat, berupa USB-C untuk perangkat elektronik yang beredar di sana, berlaku mulai 2024.

Dengan aturan tersebut, ponsel, tablet, laptop hingga kamera yang dipasarkan di negara tersebut harus menggunakan USB-C.

Baca juga: iPhone 15 dan 15 Plus debut dengan tampilan 'matte'

Baca juga: iPhone 15 Pro series dirilis dengan chip A17 Pro dan bahan titanium

Baca juga: Benarkah iPhone 12 akan dijual tanpa pengisi dan EarPods