Pemadaman karhutla di Palangka Raya terkendala sumber air

id Pemadaman karhutla di Palangka Raya terkendala sumber air, kalteng, Palangka raya

Pemadaman karhutla di Palangka Raya terkendala sumber air

Petugas melakukan pemadaman kebakaran lahan gambut di Palangka Raya, beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-BPBD Kota Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah bersama tim relawan menghadapi kendala berupa terbatasnya sumber air di sekitar lokasi kebakaran.

"Kemarau kering saat ini membuat tim di lapangan cukup kesulitan mendapatkan akses air untuk pemadaman karhutla," kata Pelaksana Tugas (Plt) BPBD Kota Palangka Raya, Alman P Pakpahan di Palangka Raya, Minggu.

Dia mengatakan, dalam melakukan pemadaman, tim harus mencari sumber-sumber air yang masih ada di sekitar lokasi kebakaran. Bahkan tim pemadam tak jarang untuk mencari sumber air yang cukup jauh dari titik kebakaran.

Parit-parit di sekitar kawasan lahan gambut yang biasanya banyak menampung air, kini mulai surut bahkan pada beberapa lokasi juga mengering. Kemarau kering yang cukup panjang dampak el nino juga menjadi penyebab petugas sulit mendapatkan sumber air.

Pada kondisi tertentu, pasokan sumber air untuk pemadaman kebakaran lahan juga berkoordinasi dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dengan menyiapkan hidran untuk keperluan sumber air.

Tantangan pemadaman kebakaran di lahan gambut tidak hanya itu. Lahan gambut yang terbakar biasanya juga menyisakan bara api di bawah tanah sehingga yang muncul dan terpantau dari atas tanah hanya asap.

Baca juga: Jelang akhir jabatan, wali kota minta OPD terus berkolaborasi untuk kemajuan daerah

Petugas, terkadang juga hanya bisa memperkirakan titik api yang berada di bawah tanah. Kontur lahan gambut yang berongga bisa saja menjadi jalan asap kebakaran keluar dari dalam tanah. Dampaknya titik api dekat dari sumber keluarnya asap, atau bisa juga sangat jauh.

Dengan kondisi tersebut, petugas pemadam hanya bisa berupaya melakukan pemadaman dengan terus melakukan pembasahan dan penyiraman di area lahan terbakar. Upaya itu bisa saja tetap pada titik api dan bisa juga sebaliknya.

"Bahkan kemarin, di sekitar kawasan Tabat Kalsa, relawan sampai harus berjuang dua hari untuk memadamkan di sekitar lokasi. Salah satu indikator kebakaran gambut padam ialah tidak munculnya lagi asap dari dalam tanah," kata Alman.

Dia pun mengajak masyarakat di Kota Palangka Raya, untuk tidak membakar lahan dengan alasan apapun dan kepentingan apapun. Ini karena penanganan kebakaran lahan gambut sangat sulit dilakukan.

"Untuk saat ini para petugas bahkan menghiraukan kesehatan mereka untuk melakukan pemadaman. Mereka bahkan juga bisa saja jarang bersama keluarga jika sudah terjadi karhutla," katanya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya permudah perizinan untuk tingkatkan investasi

Baca juga: DPRD Palangka Raya apresiasi pemkot berikan puluhan kendaraan operasional guru

Baca juga: DPRD Palangka Raya berharap pemkot lengkapi fasilitas olahraga