Pemkot Palangka Raya beri vaksinasi rabies gratis

id rabies,kucing,ajing,palangka raya,dinas pertanian,sugiyanto

Pemkot Palangka Raya beri vaksinasi rabies gratis

Petugas menyuntik vaksin anti rabies ke kucing dalam acara peringatan hari rabies sedunia di kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya, Sabtu (7/10/2023). (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), memberikan layanan vaksinasi rabies secara gratis bagi kucing dan anjing dalam rangka peringatan hari rabies dunia.

"Berdasar data yang masuk hari ini ada 104 hewan baik kucing maupun anjing yang divaksin rabies gratis," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya, Sugiyanto di Palangka Raya, Sabtu.

Selain memberikan layanan vaksinasi rabies gratis, acara yang digelar di lingkungan Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan ini juga dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan dan kebiri atau sterilisasi gratis bagi kucing lokal jantan.

Sugiyanto mengatakan, upaya menjaga kesehatan hewan tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membawa hewan peliharaannya untuk di vaksin rabies.

"Rabies ini musuh kita bersama, sebab ini zoonosis dan jelas kalau misalkan hewan yang ada di sekitar kita tidak divaksin ada peluang terkena rabies, dan sangat berisiko membuat kematian kalau manusia terjangkit," tambahnya.

Baca juga: Sebagian kota besar Indonesia diguyur hujan

Ia mengatakan dalam melaksanakan vaksinasi pada hewan hewan penular rabies, pihaknya juga didukung para kader vaksinator yang tersebar di sejumlah wilayah di Kota Palangka Raya dan berpotensi tinggi rawan penularan rabies.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palangka Raya Aratuni D Djaban mengatakan, rabies adalah penyakit hewan yang disebabkan oleh virus dan dapat menular ke manusia yang dapat mengancam jiwa atau disebut dengan zoonosis.

Penularan dari hewan pembawa rabies (hpr) dengan melalui gigitan dari hewan yang positif rabies baik dari hewan ke hewan atau dari hewan ke manusia. Selain melalui gigitan, rabies juga dapat menular melalui kontak air liur hewan positif rabies ke mukosa mata atau hidung.

Mayoritas hewan pembawa rabies adalah hewan kesayangan yaitu anjing dan kucing yang sangat dekat dengan kehidupan manusia.

"Oleh karena itu perlu perhatian serius dan kewaspadaan terhadap hewan kesayangan kita. upaya pencegahan adalah upaya paling efektif untuk terhindar dari rabies yaitu dengan melalui vaksinasi rabies," katanya.

Baca juga: Bulog Kalteng optimalkan distribusi beras SPHP bersama mitra, cegah penjualan lebihi HET

Baca juga: ELTIBIZ hadirkan ELTIPARK sebagai bukti komitmen turut kembangkan SDM di Kalimantan Tengah

Baca juga: Polda bongkar penjualan belasan ribu botol oli palsu di Palangka Raya