Mahasiswa Teknik Sipil UMPR kuliah lapangan di BMKG

id Mahasiswa Teknik Sipil UMPR kuliah lapangan di BMKG, kalteng, Palangka raya, UMPR, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Mahasiswa Teknik Sipil UMPR kuliah lapangan di BMKG

Mahasiswa Teknik Sipil UMPR kuliah lapangan di BMKG Tjilik Riwut Palangka Raya. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR), Kalimantan Tengah melakukan kunjungan kuliah lapangan di Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut, Palangka Raya.

"Semoga kuliah lapangan ini bisa meningkatkan pengetahuan mahasiswa terkait meteorologi, klimatologi dan geofisika," kata Koordinator Bidang Observasi dan Teknisi, di Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut, BMKG Tjilik Riwut, Aslaili Mardiyah, di Palangka Raya, Kamis.

Pada kuliah lapangan itu, 45 mahasiswa Teknik Sipil UMPR itu dibawa menuju taman alat. Mereka kemudian diberikan penjelasan nama alat dan fungsinya oleh Koordinator Bidang Observasi dan teknisi beserta timnya.

"Kami menjelaskan fungsi dan mekanisme peralatan untuk pengamatan meteorologi dan klimatologi yang terdapat di taman alat. Jadi mereka juga semakin tahu proses pengamatan sampai menghasilkan data prakiraan cuaca," katanya.

Baca juga: UMPR-BPBD kolaborasi peningkatan kapasitas penanggulangan bencana

Usai dari taman alat, para mahasiswa diarahkan ke ruangan observasi. Di dalam ruangan ini, para mahasiswa dikenalkan dengan data yang dihasilkan oleh peralatan pengamatan di taman alat melalui tampilan di layar komputer.

"Di ruang inilah para mahasiswa diperlihatkan cara menggunakan data yang dihasilkan agar dapat digunakan untuk informasi penerbangan," katanya.

Dosen pengampu kuliah lapangan Program Studi Teknik UMPR Amelia Faradila mengatakan, program tersebut merupakan implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Melalui kuliah lapangan, ditargetkan para mahasiswa juga lebih memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam mengimplementasikan teori di ruang perkuliahan dan praktik di lapangan.

Apalagi, Kemendikbudristek juga terus mendorong perguruan tinggi meningkatkan kualitas dan kapasitas lulusan. Salah satunya dapat dilaksanakan dengan meningkatkan kerja sama antara perguruan tinggi dan berbagai pihak.

Baca juga: FBIT UMPR latih masyarakat PKBM Kotim membuat tepung dari karamunting

Baca juga: FISIPOL UMPR-FISIPOL UGM kerja sama tridharma perguruan tinggi

Baca juga: Pemkot Palangka Raya-UMPR kerja sama riset pengawasan pengelolaan limbah