Generasi muda di Kalteng diajak mengenal Food Estate di Kapuas

id pemkab kapuas, food estate, generasi muda, dadahup, a5, ketahanan pangan, pertanian, kuala kapuas, kalteng, kalimantan tengah, petani milenial

Generasi muda di Kalteng diajak mengenal Food Estate di Kapuas

Peserta IBAB tingkat Provinsi Kalimantan Tengah 2023, melihat proses simulasi pertanian Rice Milling Unit (RMU)/Penggilingan Padi Modern, Kabupaten Kapuas, Jumat (27/10/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Generasi muda yang tergabung sebagai peserta Ikrar Bersama Anak Bangsa (IBAB) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah 2023 diajak berkunjung sekaligus mengenal Program Food Estate di Desa Bentuk Jaya A5, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas.
 
"Kami berharap para generasi muda terutama milenial bisa ikut ambil bagian dalam program ini, jangan gengsi untuk menjadi seorang petani karena pekerjaan tersebut sangat menguntungkan," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Yaya, di Kuala Kapuas, Sabtu.
 
Hal itu disampaikan Kadis Pertanian Kapuas ini, usai menyambut kedatangan rombongan peserta IBAB di kawasan Food Estate di Desa Bentuk Jaya A5. Kunjungan para peserta ke kawasan Food Estate, dalam rangka peringatan ke-95 Hari Sumpah Pemuda.
 
Dalam kesempatan ini Yaya memaparkan kepada para peserta, pelaksanaan Food Estate dan beberapa kendala yang dihadapi selama ini.
 
“Untuk itu, saya mengajak generasi muda bisa ikut terjun ke dalam program dari Pemerintah Pusat tersebut,” harapnya.

Baca juga: Wagub Kalteng sebut Sumpah Pemuda bangkitkan semangat kolaborasi dalam pembangunan
 
Pemkab Kapuas, mendukung penuh dengan Program Food Estate ini, bersama-sama dengan pemerintah desa, kecamatan dan pemerintah provinsi akan melakukan segala cara dan upaya agar tujuan atau target segera tercapai.
 
Pengembangan Food Estate di daerah setempat masih terus berlanjut hingga saat ini. Kawasan Food Estate di daerah setempat meliputi 11 kecamatan dengan luas tanam padi tahun ini mencapai 58 ribu hektare lebih atau 75,6 persen.
 
Khusus di Kecamatan Dadahup dari target luas tanam 1.245 hektare, terealisasi seluas 690 hektare atau 55,41 persen. Dengan luas panen sampai saat ini berkisar 500 hektare dan hasil panennya kurang lebih 900 ton.
 
Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon bagi setiap kontingen di sepanjang jalan masuk ke kawasan Food Estate dan melihat simulasi Pertanian di Rice Milling Unit (RMU)/Penggilingan Padi Modern.

Baca juga: Pemprov Kalteng selenggarakan Gerakan Pangan Murah sambut Sumpah Pemuda

Baca juga: Pj Bupati Kapuas: Sumpah Pemuda momentum tingkatkan semangat bawa Indonesia semakin maju

Baca juga: Masyarakat Kapuas diajak prioritaskan produk lokal