Wagub Kalteng sebut Sumpah Pemuda bangkitkan semangat kolaborasi dalam pembangunan

id pemprov kalteng, ibab, ikrar bersama anak bangsa, hsp, hari sumpah pemuda, kalteng, kalimantan tengah, kapuas, kuala kapuas

Wagub Kalteng sebut Sumpah Pemuda bangkitkan semangat kolaborasi dalam pembangunan

Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo, bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan ke-95 Hari Sumpah Pemuda tingkat provinsi di Kabupaten Kapuas, Sabtu (28/10/2023). (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Upacara Peringatan ke-95 Hari Sumpah Pemuda tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang berlangsung di Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas, Sabtu, berlangsung khidmat.
 
"Mari kita jadikan momentum Hari Sumpah Pemuda ini untuk membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri," kata Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo.
 
Dia juga menyampaikan, inklusivitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif, yang mana saat ini para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional.

Baca juga: Pemprov Kalteng selenggarakan Gerakan Pangan Murah sambut Sumpah Pemuda
 
Adapun penguasaan oleh pemuda terhadap teknologi dan informasi, maupun literasi digital menjadi sesuatu yang harus diseriusi.
 
Dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini mengangkat tema "Bersama Majukan Indonesia" juga diisi dengan Parade Bhineka Tunggal Ika, yaitu para pelajar mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. 
 
Di sisi lain bendera merah putih berhasil dikibarkan. Peserta upacara sendiri di antaranya merupakan kontingen Ikrar Bersama Anak Bangsa atau IKBAB dari kabupaten/kota se-Kalteng.

Baca juga: Pj Bupati Kapuas: Sumpah Pemuda momentum tingkatkan semangat bawa Indonesia semakin maju
 
Sebelumnya, Kepala Kesbangpol Kalteng Katma F. Dirun menjelaskan dalam peringatan ke-95 Hari Sumpah Pemuda dan IKBAB ini diisi dengan berbagai jenis kegiatan.
 
Di antaranya Pasar UMKM, bakti sosial penanaman pohon, kunjungan ke area food estate, penyelenggaraan lomba-lomba seperti puisi kebangsaan, stand up comedy dan yel-yel, malam pencerahan kebangsaan serta puncaknya yakni Upacara Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda.
 
“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap bangsa dan negara, melalui kegiatan kepemudaan dalam segala aspek kehidupan," terangnya.

Baca juga: Masyarakat Kapuas diajak prioritaskan produk lokal


Baca juga: Legislator Kapuas prihatin kecelakaan di Jembatan Perintis