HIMA Pendidikan Ekonomi UMPR sambangi pula dewata melalui ajang KMI Expo

id HIMA,pendidikan ekonomi,umpr

HIMA Pendidikan Ekonomi UMPR sambangi pula dewata melalui ajang KMI Expo

HIMA Pendidikan Ekonomi UMPR sambangi pula dewata melalui ajang KMI Expo (ANTARA/HO-UMPR)

Palangka Raya (ANTARA) - Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (Hima Pendidikan Ekonomi UMPR) bertolak ke Bali mengikuti KMI EXPO 2023.

"Program ini menjadi ajang bergengsi bagi mahasiswa dengan melahirkan para wirausaha Indonesia," kata Rektor UMPR Dr Muhammad Yusuf di Palangka Raya, Minggu.

Dia mengatakan, pada ajang bertaraf nasional tersebut ada dua tim UMPR yang berhasil masuk dalam 1.871 kelompok usaha peraih pendanaan dengan menyisihkan lebih dari 1000 proposal di berbagai perguruan tinggi se-Indonesia.

Ahmad Rusdy Yanor anggota tim HIMA Ekonomi UMPR itu menerangkan, timnya yang terdiri dari Alin, Taufik Rahman, Ayu Vera Agustina dan Lia Anjeliawatie. Berhasil menjadi 673 peserta KMI EXPO 2023.

"Kami Mengalahkan lebih 1.198 tim dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia, Tim HIMA Pendidikan Ekonomi UMPR mengusung produk minuman olahan kacang merah dan kacang hijau dengan sebutan realbeans," katanya.

Dia mengungkapkan, mulanya kegiatan itu berawal dari diskusi dengan dosen Pembimbing bapak Dibyo Waskito Guntoro, M.Pd bagaimana cara mengatasi permasalahan Stunting di Kalimantan Tengah.

Tim HIMA Pendidikan Ekonomi mencari minuman inovasi dengan kadar protein tinggi yang dapat menambah nutrisi bagi ibu hamil dan anak-anak. Awal dari diskusi tersebut muncullah realbeans.

“Awalnya kami melakukan eksperimen di kediaman dosen pembimbing kami untuk menemukan cita rasa yang pas. Selama dua hari kami melakukan uji coba dan mendapatkan hasil terbaik," kata Ahmad.

Produk realbeans berbahan dasar Kacang merah dan kacang hijau dengan gizi yang tinggi. Melalui Kerja sama dengan program studi Farmasi dan Analis Kesehatan UMPR. Tim realbeans dibantu dalam melakukan uji coba produk untuk mengetahui kadar protein dan kandungan di dalamnya.

Hasil yang didapatkan Produk realbeans memiliki kadar protein rata-rata lebih dari 20 persen, kadar lemak 1 persen dan karbohidrat 60 persen.

“Ucapan selamat dan kebanggaan menjadi perwakilan di ajang bergengsi nasional merupakan prestasi terbesardari Program Studi Pendidikan Ekonomi. Saya mengucapkan terimakasih kepada Universitas Muhamamdiyah Palangkaraya, Bapak Ibu Dosen Pendidikan Ekonomi yang telah bekerja sama bahu membahu untuk bias memberangkatkan mahasiswa kita meraih prestasi di tingkat nasional.

Banyak rintangan yang dihadapi, tapi kami tetap optimis untuk bias menghasilkan yang terbaik untuk UMPR” kata Dibyo Kaprodi Pendidikan Ekonomi UMPR.

Saat berita ini diterbitkan, tim Realbeans sedang melakukan perjalanan melalui bandar udara Syamsudin Noor Banjarmasin dengan tujuan langsung ke Pulau Dewata Bali. Adapun Tuan rumah  KMI EXPO 2023 yaitu Universitas Pendidikan Ganesha Bali. Akan berkumpul 673 kelompok wirausaha dari berbagai Pendidikan tinggi seluruh Indonesia.