Ketua DPRD: Waspada bahaya kebakaran di Palangka Raya

id DPRD Palangka Raya,Palangka Raya,Kalateng,Sigit K Yunianto,waspada kebakaran

Ketua DPRD: Waspada bahaya kebakaran di Palangka Raya

Anggota Polresta Palangka Raya dan Polsek Pahandut melakukan olah TKP di lokasi kebakaran yang terjadi di Jalan Kalimantan, Rabu (8/11/2023). ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto mengingatkan kepada warga di daerah itu untuk meningkatkan kewaspadaan terkait bahaya kebakaran pemukiman.

"Di tahun ini saja sudah banyak sekali kasus kebakaran di pemukiman warga yang rata-rata penyebabnya adalah korsleting listrik, maka dari itu jangan sampai hal itu kembali lagi terjadi," kata Sigit K Yunianto di Palangka Raya, Rabu.

Orang nomor satu di lingkup DPRD Kota Palangka Raya tersebut menjelaskan, masyarakat diminta agar memperhatikan yang namanya instalasi listrik pemukimannya masing-masing.

Jangan sampai instalasi listrik yang kondisinya sudah tidak layak tidak diremajakan, tentunya sangat berbahaya dan bisa menjadi penyebab terjadinya kebakaran.

"Kalau kondisinya sudah rusak, sebaiknya segera diperbaiki jangan kejadian baru nantinya menyesal dikemudian hari,"ucapnya.

Sigit K Yunianto yang hobi dengan olahraga motor gede itu mengimbau kepada seluruh masyarakat yang bermukim di kawasan padat penduduk, jangan pernah menyepelekan hal-hal yang bisa menyebabkan terjadinya kebakaran.

Misalnya seperti alat elektronik penanak nasi, kabel listrik instalasi rumah serta lain sebagainya.

"Pada intinya mari kita jaga agar hal tersebut tidak terjadi. Karena kalau terjadi tentunya sangat bahaya, yakni bisa menyebabkan warga kehilangan tempat tinggal," demikian Sigit K Yunianto.

Sementara itu, pada hari Rabu 8 November 2023 kebakaran melanda di dua buah toko milik warga yang berada di Jalan Kalimantan Kota Palangka Raya.  
Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun kerugian ditaksir sebesar Rp500 juta.