Legislator Gunung Mas harapkan Manuhing jadi sentra peternakan kambing

id dprd gunung mas, cici susilawati, sentra kambing gumas, manuhing, pokir bantuan kambing, kuala kurun, peternakan, gumas, gunung mas

Legislator Gunung Mas harapkan Manuhing jadi sentra peternakan kambing

Legislator Kabupaten Gunung Mas Cici Susilawati (kanan kedua) melihat langsung penyaluran bantuan bibit kambing kepada Poktan Cipta Karya Taringen Sejahtera di Desa Taringen Kecamatan Manuhing, (8/11/2023). (ANTARA/Dokumentasi pribadi)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Cici Susilawati berharap ke depan Kecamatan Manuhing bisa menjadi sentra atau pusat peternakan kambing yang mampu memenuhi kebutuhan di dalam maupun luar daerah.
 
Langkah awal agar Manuhing bisa menjadi sentra peternakan kambing adalah dengan memenuhi aspirasi sejumlah kelompok tani (poktan) terhadap bibit kambing melalui program pokok pikiran (pokir), ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Kamis.
 
“Pada 2023 ini salah satu program pokir saya adalah bantuan bibit kambing, kepada tiga poktan yang berasal dari tiga desa di wilayah Manuhing,” sambung politisi Partai Demokrat ini.
 
Tiga poktan yang dimaksud yakni Poktan Berkat Fajar Harapan Jaya Desa Fajar Harapan yang mendapat 21 ekor bibit kambing, Poktan Berkah Desa Belawan Mulya mendapat 20 ekor bibit kambing, dan Poktan Cipta Karya Taringen Sejahtera Desa Taringen mendapat 38 ekor bibit kambing.

Baca juga: Gumas dapat bantuan penyusunan RDTR dari Kementerian ATR/BPN
 
Bantuan sudah disalurkan langsung oleh Dinas Pertanian Gunung Mas kepada masing-masing poktan pada Rabu (8/11). Pada kesempatan tersebut Cici juga berkesempatan memastikan langsung bantuan benar-benar diterima kepada setiap poktan.
 
Perempuan kelahiran Kelurahan Tumbang Talaken, Kecamatan Manuhing ini yakin ketiga poktan tadi dapat mengembangbiakkan bibit kambing yang telah mereka terima, sebab mereka sudah berpengalaman dalam beternak kambing.
 
“Walau demikian, saya tetap meminta kepada perangkat daerah terkait agar selalu mendampingi poktan. Jika mereka menemui kendala, segera dibantu supaya ada solusinya,” jelasnya.
 
Poktan juga diminta tidak ragu berkonsultasi dengan penyuluh di lapangan, jika menemui kendala dalam mengembangbiakkan ternak kambing. Dengan demikian diharap ke depan bibit yang mereka terima dapat berkembang biak dengan baik.
 
“Harapan saya ke depan masyarakat Manuhing tidak perlu lagi membeli dari luar daerah karena sudah ada sentra peternakan kambing. Bahkan akan sangat baik jika kita yang mengirim ke luar daerah,” demikian Cici.

Baca juga: Pasar penyeimbang diharap tekan harga bahan pokok di Gumas

Baca juga: Komisi III DPRD Gumas minta seluruh pihak komitmen dukung Sekolah Ramah Anak

Baca juga: Ketua DPRD Gunung Mas berharap kegiatan olahraga digalakkan