Legislator apresiasi Disdik Palangka Raya berikan perhatian pelajar berprestasi

id DPRD Palangka Raya,Ruselita ,Diksdik Palangka Raya

Legislator apresiasi Disdik Palangka Raya berikan perhatian pelajar berprestasi

Legislator Kota Palangka Raya Ruselita. ANTARA/Adi Wibowo 

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Ruselita mengapresiasi Dinas Pendidikan Kota setempat yang telah memberikan perhatian terhadap pelajar yang berprestasi di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (o2SN), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) serta Gala Sepakbola Indonesia (GSI) tingkat kota setempat 2023.

"Perhatian yang diberikan oleh Disdik Kota Palangka Raya itu tentunya agar menjadi pelecut peserta didik untuk berkembang lebih baik lagi ke depan dalam menghadapi perlombaan tersebut," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Ia berharap dengan adanya perhatian dari Disdik, pelajar yang sudah berhasil meraih prestasi di ajang tersebut bisa lebih meningkatkan lagi skil dan ilmu pengetahuan yang telah di dapatnya.

Sehingga pada tahun-tahun akan datang, ketika kejuaraan tersebut kembali digelar di daerah setempat. Peserta didik di Palangka Raya selalu menyabet prestasi sesuai dengan harapan bersama.

"Semoga saja mereka setiap tahunnya terus berkembang, sehingga ketika ada kegiatan serupa para pelajar kita terus ikut dan menorehkan prestasi yang lebih baik lagi di bidangnya masing-masing," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Jayani, di Palangka Raya, Selasa, mengatakan Disdik setempat selalu aktif dalam menyelenggarakan berbagai lomba yang  merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kota/kabupaten, provinsi dan Nasional.

"Menandai semangat Merdeka Belajar, Merdeka Berprestasi, untuk pulih sepenuhnya dari keterpurukan karena pandemi, kegiatan perlombaan antar peserta didik merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat," kata Jayani.

Ia menuturkan, dari berbagai kegiatan tersebut juga dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, yaitu belajar bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan serta mengilhami nilai-nilai fair play (jujur, bersahabat, hormat, dan bertanggung jawab) yang ada pada setiap pertandingan.

Kegiatan lomba yang diselenggarakan diharapkan dapat memfasilitasi serta memotivasi peserta didik yang mempunyai bakat dan minat di berbagai bidang dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, khususnya di Kota Palangka Raya.

"Kegiatan ini merupakan salah satu cara bagaimana pemerintah hadir untuk mengasah dan menyalurkan bakat dan minat anak di bidang sains, olahraga dan seni. Karena pendidikan tidak hanya melulu pendidikan akademik tetapi non akademik juga butuh diasah," tutupnya.