Anies-Muhaimin nilai nomor urut satu sebagai pertanda baik

id Anies-Muhaimin ,Kalteng,Pemilu 2024,Cak Imin,Anies Baswedan,Prabowo,Ganjar

Anies-Muhaimin nilai nomor urut satu sebagai pertanda baik

Calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan) menunjukkan nomor hasil undian pada Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres Pemilu Tahun 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (14/11/2023). Pasangan Capres dan Cawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut satu, pasangan Capres dan Cawapres dari koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendapatkan nomor urut dua dan pasangan Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud Md mendapat nomor urut tiga. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.

Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa dirinya dan pasangannya calon presiden Anies Baswedan bersyukur mendapat nomor urut satu karena menilai nomor tersebut sebagai pertanda baik.

"Saya dan Mas Anies bersyukur kita dapat nomor satu, pertanda baik AMIN (Anies-Muhaimin) nomor satu," kata Cak Imin, sapaan akrabnya, saat berpidato usai pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa malam.

Cak Imin mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan semangat membangun bangsa dan menjaga momentum demokrasi yang telah dibangun selama ini.

"Kita tidak ingin demokrasi mundur ke belakang dan tanpa arah yang jelas," ucapnya.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menganalogikan pemilu sebagai olahraga sepak bola yang harus dibarengi dengan sportivitas dan mengajak semua pihak untuk melapor apabila menemukan kecurangan.

"Kalau ada pemain yang bersifat curang, tolong diteriaki supaya tidak curang. Kalau ada wasit merangkap pemain, kita foto dan kita sebar luaskan. Kalau ada wasit yang curang, kita laporkan kepada FIFA sebagai lembaga tertinggi. Ada pemain yang nakal dan tekling lawan, foto dan viralkan ke seluruh penjuru," katanya.

Menurut Cak Imin, pemilu merupakan taruhan bangsa. Apabila pemilu berjalan secara sah dan objektif maka Indonesia bisa tetap bersatu, kuat, dan menjadi negara yang berhasil.

Ia menambahkan rakyat harus menikmati pemilu dengan riang gembira.

Cak Imin juga menyebut kompetisi merupakan keniscayaan, tetapi rasa kekeluargaan dan persaudaraan harus tetap dibangun.

"Kalau pemilu ini berjalan dengan jujur, adil, insyaallah pembangunan akan lancar selancar-lancarnya. Ke Mamuju jangan lupa pakai sepatu, kalau ingin maju pilihlah nomor satu," kata Cak Imin berpantun.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Penetapan itu berdasarkan hasil pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024 yang dilakukan di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa malam.

"Dengan demikian, nomor urut pasangan calon presiden-wakil presiden untuk Pemilu 2024 adalah sebagai berikut, nomor urut satu untuk pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut dua untuk pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, nomor urut tiga untuk pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud Md," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari.