Ratusan pejabat Pemkab Kapuas jalani tes urine narkoba

id Ratusan penjabat Pemkab Kapuas jalani tes urine narkoba, kalteng, kapuas, pemkab kapuas

Ratusan pejabat Pemkab Kapuas jalani tes urine narkoba

Sejumlah Penjabat esolon II dan III Pemkab Kapuas, menjalani pemeriksaan tes urine narkoba di Aula Rujab Bupati Kapuas, Rabu (29/11/2023). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Ratusan pejabat eselon II dan III Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menjalani tes urine narkoba yang dilaksanakan oleh Tim Terpadu Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) setempat.

“Kegiatan hari ini pelaksanaan tes urine kepada seluruh ASN pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemkab Kapuas, dan alhamdulillah hari ini yang telah mengikuti tes urine sebanyak 137 pejabat yang lainnya masih belum,” kata Ketua Harian Timdu P4GN Kabupaten Kapuas, Marlina Kasyfiatie di Kuala Kapuas, Rabu. 

Tujuan kegiatan tes urine ini untuk deteksi dini dan pencegahan dini, terutama untuk aparatur sipil negara. Sudah seharusnya para abdi negara contoh bagi masyarakat, salah satunya wajib bersih dari narkoba.

“Hasil dari tes urine ini, paling lambat besok sudah ada hasilnya, dan kalau misalnya ada terindikasi akan kami serahkan ke pembinaan kepegawaian paling tidak untuk direhabilitasi atau pembinaan selanjutnya,” katanya.

Baca juga: DPRD Kapuas sepakati Raperda Penyertaan Modal Bank Kalteng

Marlina yang juga Kepala Badan Kesbangpol kabupaten setempat ini menambahkan, untuk kegiatan tes urine ini masih berlangsung hingga besok.  Targetnya sampai dengan seluruh penjabat eselon II dan III menjalani tes urine.

“Kita harapkan seluruh penjabat di lingkungan Pemkab Kapuas, agar dapat menjalani tes urine ini, dan kami masih menunggu sampai besok,” demikian Marlina.

Sementara itu, dalam kegiatan tes urine tersebut, satu persatu para penjabat menjalani pemeriksaan terlebih dahulu dari petugas, dan setelah itu dilakukan tes urine.

Dalam kegiatan yang berlangsung di aula rumah jabatan Bupati Kapuas di Jalan Jenderal Sudirman Kuala Kapuas pagi itu, tergabung dalam Timdu P4GN terdiri dari kesehatan, TNI/ Polri, Kejaksaan, Badan Norkotika Kabupaten (BNK) Kapuas dan instansi terkait lainya.

Baca juga: Pj Bupati Kapuas minta dilakukan penanganan stunting secara holistik integratif

Baca juga: Pemkab Kapuas susun rencana pembangunan kawasan perdesaan berbasis hutan desa

Baca juga: Pertamina: BBM satu harga hadir di Kapuas Kuala