Pj Bupati Kapuas minta dilakukan penanganan stunting secara holistik integratif

id pemkab kapuas, penjabat bupati kapuas, erlin hardi, stunting, desa percontohan bebas stunting, kuala kapuas, kapuas

Pj Bupati Kapuas minta dilakukan penanganan stunting secara holistik integratif

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi memberikan bantuan dalam acara Gema Eka ASI dan pencanangan percontohan desa atau kelurahan bebas stunting 2024, di Desa Saka Lagun Kecamatan Pulau Petak, Selasa (28/11/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Penjabat Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah Erlin Hardi mencanangkan percontohan desa atau kelurahan bebas stunting tahun 2024 di Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau Petak.
 
Stunting harus menjadi perhatian bersama karena menyangkut masa depan bangsa yang ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia, katanya saat memimpin Gerakan Bersama Menuju Kapuas Bebas Stunting (Gema Eka ASI), Selasa.
 
"Oleh karena itu bagaimana kualitas manusia ke depan, ditentukan keseriusan kita sejak saat ini,” terang Erlin.
 
Dia mengatakan, akar permasalahan stunting atau gangguan pertumbuhan begitu kompleks, yakni menyangkut ketersediaan asupan gizi dan ketahanan pangan, pola asuh penyiapan kehidupan keluarga berkualitas, akses pelayanan kesehatan bermutu dan merata, hingga akses sanitasi dan air minum layak.
 
“Percepatan penurunan stunting harus dilaksanakan secara holistik, integratif, dan berkualitas, melalui koordinasi, sinergi, dan sinkronisasi di antara semua pemangku kepentingan,” jelasnya.

Baca juga: Pemkab Kapuas susun rencana pembangunan kawasan perdesaan berbasis hutan desa
 
Desa atau kelurahan bebas stunting adalah desa atau kelurahan yang tidak ada kasus stunting selama satu tahun. Untuk itu diperlukan yang lebih aktif, intervensi spesifik dan sensitif secara terarah, capaian indikator terukur serta terkawal dengan baik.
 
“Harapan saya, seluruh desa lokus maupun percontohan desa atau kelurahan bebas stunting mampu meningkatkan upayanya yang nyata, tepat sasaran bagi keluarga berisiko stunting,” demikian Erlin Hardi.
 
Sementara turut hadir dalam acara tersebut, Pj Ketua TP-PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi, Ketua DWP Apollonia Septedy, Asisten Administrasi Umum Ahmad M. Saribi, Kepala Dinas Lingkup, Camat Pulau Petak, dan beberapa kepala desa lingkup Kecamatan Pulau Petak.

Baca juga: Pertamina: BBM satu harga hadir di Kapuas Kuala

Baca juga: Imigrasi perkuat kolaborasi pengawasan orang asing di Kapuas

Baca juga: Pemkab Kapuas salurkan bantuan untuk korban kebakaran di dua lokasi