Hari Bakti PU jadi momentum tingkatkan pembangunan Gunung Mas

id Hari Bakti PU jadi momentum tingkatkan pembangunan Gunung Mas, kalteng, gumas, Gunung mas

Hari Bakti PU jadi momentum tingkatkan pembangunan Gunung Mas

Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong (mengenakan topi) memberi potongan nasi tumpeng kepada Kepala DPU Gunung Mas Baryen (tengah) dan Sekretaris Bambang Jaya (kanan), usai upacara peringatan Hari Bakti PU di Kuala Kurun, Senin (4/12/2023). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong berharap peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) menjadi momentum bagi keluarga besar PU di kabupaten setempat, untuk terus meningkatkan pengabdian kepada negara, khususnya pembangunan di daerah.

"Peringatan ini jadi momentum untuk meningkatkan nilai-nilai dan semangat menjaga kekompakan, disiplin, militansi dan pengabdian kepada negara, khususnya Gunung Mas," ucapnya saat memimpin upacara peringatan Hari Bakti PU di Kuala Kurun, Senin.

Dia menyebut, sepanjang tahun 2023 ini, Dinas Pekerjaan Umum Gunung Mas melakukan fungsi dan penugasan untuk mendukung program 3 SMART yakni smart agro atau pertanian yang unggul, smart tourism atau pariwisata yang unggul, dan smart human resources atau sumber daya manusia yang unggul, melalui pembangunan pilar infrastruktur yang berkualitas baik dan berkelanjutan.

Fungsi ini dilakukan melalui pelaksanaan pembangunan, rehab dan peningkatan jalan dan jembatan, serta penanggulangan dan penanganan keadaan darurat baik akibat bencana alam maupun akibat lainnya, yang menunjang konektivitas wilayah dan membantu akses daerah yang dilakukan melalui Bidang Bina Marga.

Selanjutnya Bidang Cipta Karya melakukan kegiatan pembangunan bangunan gedung dan penataan lingkungan serta pembangunan fasilitas dan rumah ibadah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Lalu peningkatan akses untuk air minum dan pengolahan air dengan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) kapasitas 20-25 liter/detik pada PDAM Kuala Kurun.

Baca juga: Tiga desa/kelurahan di Gumas akhirnya merasakan listrik PLN

Untuk menunjang smart agro melalui penyediaan air untuk pertanian, Bidang Sumber Daya Air melakukan  kegiatan di Sakata Tewah di Kecamatan Tewah, Sakata Juri di Kecamatan Kurun, daerah Irigasi Gohong Rawai di Kecamatan Rungan, dan daerah irigasi Rawa Hambuyung di Kecamatan Manuhing.

“Selanjutnya, Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman, menangani peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni atau bedah rumah, peningkatan kualitas jalan lingkungan permukiman di beberapa kecamatan, serta penanganan penerangan jalan umum (PJU) dan pemeliharaan taman dalam Kota Kuala Kurun,” paparnya.

Dalam rangka mendukung smart human resources, telah dilakukan pelatihan dan sertifikasi tenaga teknis konstruksi dan pengawasan tertib usaha, serta penyiapan data basic price komponen pekerjaan konstruksi melalui Bidang Jasa Konstruksi.

Untuk menjamin penggunaan ruang yang terencana dan sesuai peruntukannya melalui Bidang Tata Ruang telah dilakukan kegiatan Bantuan Teknis Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) wilayah perkotaan Kecamatan Rungan, yang difasilitasi oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Bidang ini secara rutin melakukan pengawasan dan penertiban penggunaan ruang melalui Tim Terpadu Pengawasan Ruang.

“Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pimpinan, pegawai, jajaran  dan seluruh mitra kerja Pekerjaan Umum Kabupaten Gunung Mas, atas kinerja dan dedikasinya di tahun 2023 ini,” demikian Jaya.

Baca juga: Pelajar Gumas berhasil raih medali olimpiade matematika internasional di Korsel

Baca juga: Peringati HKN, PPNI Gumas lakukan bakti sosial kepada korban narkoba

Baca juga: FKGMS bagikan tempat sampah kepada pedagang pasar di Gunung Mas