FKGMS bagikan tempat sampah kepada pedagang pasar di Gunung Mas

id pemkab gunung mas, bupati jaya s monong, fkgms, Forum Kabupaten Gunung Mas Sehat, fkgms bagikan tempat sampah ke pasar, kuala kurun, gumas, gunung mas

FKGMS bagikan tempat sampah kepada pedagang pasar di Gunung Mas

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong, didampingi Ketua FKGMS Mimie Mariatie dan Camat Kurun Iltem, membagikan tempat sampah kepada salah satu pedagang di Pasar Lama Kuala Kurun, Kecamatan Kurun, Rabu (29/11/2023). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Forum Kabupaten Gunung Mas Sehat (FKGMS) membagikan puluhan tempat sampah kepada para pedagang di Pasar Lama Kuala Kurun, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.
 
Keberadaan tempat sampah menjadi upaya dalam menjaga kebersihan lingkungan dalam hal ini lingkungan pasar, kata Bupati yang juga selaku Pembina FKGMS, Jaya S Monong di Kuala Kurun, Rabu.
 
"Tempat sampah sudah tersedia di banyak lapak atau kios di Pasar Lama Kuala Kurun. Jadi manfaatkan dengan membuang sampah pada tempatnya," sambung orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas ini.
 
Di sisi lain, dia mengingatkan kepada para pedagang, tempat sampah yang mereka terima dikhususkan untuk pasar. Oleh sebab itu, diharap tempat sampah tersebut tidak dibawa pulang ke kediaman masing-masing.
 
Sementara itu, Ketua FKGMS Mimie Mariatie Jaya S Monong menyampaikan, pada kesempatan ini ada 40 tempat sampah yang dibagikan kepada para pedagang di Pasar Lama Kuala Kurun.

Baca juga: Pemkab-Kejari Gumas teken MoU untuk pendampingan pembangunan desa
 
Ke depan pembagian tempat sampah juga akan dilakukan kepada para pedagang pasar di wilayah lain seperti di Pasar Baru Kuala Kurun, di Kecamatan Tewah, dan lainnya.
 
Dalam pelaksanaan pembagian, tempat sampah tadi dibagikan langsung oleh Bupati Gunung Mas, Ketua FKGMS beserta jajaran, dan Camat Kurun Iltem. Para pedagang dengan sabar menunggu di lapak atau kios masing-masing.
 
Nur, salah satu pedagang di Pasar Lama Kuala Kurun, menyampaikan ucapan terima kasih kepada FKGMS yang telah membagikan tempat sampah kepada dirinya dan para pedagang lainnya.
 
Selama ini, lanjut dia, dirinya biasa mengumpulkan sampah di tas plastik. Setelah selesai berdagang plastik tersebut dibuang ke bak sampah di lingkungan sekitar.
 
"Dengan adanya tempat sampah ini jadi lebih praktis lagi, karena saya tidak perlu menyiapkan tas plastik khusus untuk membuang sampah," demikian Nur.

Baca juga: PT Investasi Mandiri komitmen lakukan mitigasi perubahan iklim

Baca juga: Pemkab Gunung Mas dukung pemberantasan narkoba

Baca juga: Wabup Gumas: Penetapan dan penegasan batas desa alami perkembangan