PT Investasi Mandiri komitmen lakukan mitigasi perubahan iklim

id Pt invetasi mandiri, tumbang empas,gunung mas,kuala kurun

PT Investasi Mandiri komitmen lakukan mitigasi perubahan iklim

Sejumlah karyawan PT Investasi Mandiri menyimak penjelasan yang disampaikan narasumber dari Balai PPI wilayah Kalimantan, saat pelaksanaan training di Desa Tumbang Empas, Kecamatan Mihing Raya, Kabupaten Gunung Mas, Senin (27/11/2023). (ANTARA/HO-PT Investasi Mandiri)

Kuala Kurun (ANTARA) - PT Investasi Mandiri, perusahaan besar swasta yang beroperasi di wilayah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, berkomitmen untuk melakukan mitigasi perubahan iklim atau mengurangi dampak perubahan iklim.

Sejumlah strategi khusus disiapkan untuk melakukan mitigasi perubahan iklim, kata Senior General Affair (GA) & Legal Administration PT Investasi Mandiri, Sri Kandini di Palangka Raya, Selasa.

“PT Investasi Mandiri menyadari perubahan iklim yang terjadi di dunia berdampak luas terhadap kehidupan masyarakat. Kami menyiapkan beberapa strategi khusus dalam upaya melakukan mitigasi, termasuk dengan melibatkan karyawan dan pemangku kepentingan lainnya,” sambungnya.

Baca juga: PT Investasi Mandiri gandeng DLH Palangka Raya gelar pelatihan pengelolaan sampah

Ia menyebut, upaya mitigasi perubahan iklim dapat dilakukan oleh siapa saja. PT Investasi Mandiri ingin agar karyawan menyadari bahwa mereka juga bisa ikut ambil bagian dalam upaya tersebut.

Untuk itu, PT Investasi Mandiri menggandeng Balai Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) wilayah Kalimantan, guna melakukan edukasi melalui pelatihan perubahan iklim atau “training climate change (forest, water)” kepada karyawan.

Sosialisasi dilakukan di kantor PT Investasi Mandiri di Desa Tumbang Empas, Kecamatan Mihing Raya pada Senin (27/11). Dalam sosialisasi tersebut, karyawan mendapat pengetahuan tentang perubahan iklim, dampak, langkah adaptasi, antisipasi, mitigasi, dan lainnya.

Sebelumnya, PT Investasi Mandiri menggandeng Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, menggelar pelatihan pengelolaan sampah atau "training proper waste management" bagi karyawan di Tumbang Empas, akhir September 2023 lalu.

Dengan adanya pelatihan perubahan iklim dan pelatihan pengelolaan sampah, diharap karyawan PT Investasi Mandiri semakin menyadari pentingnya upaya mitigasi dan melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan kantor maupun lingkungan sekitar.

Untuk skala yang lebih besar, PT Investasi Mandiri juga sedang menjalankan program penanaman 10 ribu bibit pohon di lokasi sekitar perusahaan ini beroperasi, yakni di Desa Tumbang Empas dan Desa Tumbang Lampahung Kecamatan Kurun.

Ia menyampaikan, program penanaman 10 ribu bibit pohon dimulai sejak Juli 2022 lalu. Sejauh ini, bibit pohon yang ditanam adalah jenis bengkirai dan sudah tertanam sebanyak 1.177 bibit.

“Itu tadi beberapa aksi nyata yang telah dan sedang dijalankan oleh PT Investasi Mandiri, guna melakukan mitigasi perubahan iklim. Semua kami lakukan demi masa depan yang lebih baik,” kata Sri Kandini.

Ia menegaskan bahwa PT Investasi Mandiri peduli terhadap lingkungan dan kelangsungan alam yang baik. Oleh karena itu, perusahaan berkomitmen untuk memberikan pelatihan serta pengetahuan kepada para karyawan terkait hal ini.

Baca juga: PT Investasi Mandiri ajak anak-anak Gunung Mas tanamkan PHBS sejak dini

Sementara itu, salah satu karyawan PT Investasi Mandiri, Ramses mengaku mendapat banyak pengetahuan setelah mengikuti pelatihan perubahan iklim. Ia semakin menyadari bahwa yang dilakukan oleh perusahaan tempat dia bekerja selama ini adalah untuk memitigasi perubahan iklim.

Sejumlah karyawan PT Investasi Mandiri menanam bibit pohon bengkirai di Desa Tumbang Lampahung, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Juli 2022 lalu. (ANTARA/HO-PT Investasi Mandiri)


Lainnya, narasumber pelatihan dari Balai PPI wilayah Kalimantan, Abdur Rochim menyampaikan, upaya mitigasi dapat dilakukan oleh siapa saja dengan berbagai cara, seperti membuang sampah pada tempatnya, mengubur sampah organik, menghindari membakar sampah, dan lainnya.

Dia berharap karyawan PT Investasi Mandiri ke depan konsisten dalam menerapkan hal-hal sederhana tadi, karena itu semua sebenarnya merupakan upaya mitigasi perubahan iklim. 

“Balai PPI wilayah Kalimantan juga menyampaikan apresiasi kepada PT Investasi Mandiri, yang telah berinisiatif untuk melakukan pelatihan perubahan iklim kepada karyawan perusahaan,” demikian Abdur Rochim.