Dua desa di Kapuas dilanda banjir

id Dua desa di Kapuas dilanda banjir, kalteng, kapuas, kuala kapuas, BPBD kapuas

Dua desa di Kapuas dilanda banjir

Banjir yang terjadi di Desa Tumbang Muroi, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Jumat (14/12/2023). ANTARA/HO-warga

Kuala Kapuas (ANTARA) - Sebanyak dua desa di wilayah Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, mulai dilanda banjir.

"Iya benar di desa kami sudah mulai banjir. Jalan-jalan sudah terendam dengan ketinggian air mencapai sekitar 90 centimeter," kata Kepala Desa Tumbang Muroi, Nanang Karyadi di Kuala Kapuas, Minggu.

Dua desa itu yakni Desa Tumbang Muroi dan Tumbang Mangkutup. Kedua desa ini mulai dilanda banjir sejak beberapa hari lalu.

Dikatakannya, banjir terjadi akibat tingginya curah hujan di wilayah hulu sehingga menyebabkan daerah aliran sungai (DAS) Kapuas meluap.

"Kalau di hulu sana hujan terus, akhirnya DAS Kapuas meluap dan menyebabkan banjir di desa kami. Sampai saat ini ketinggian air terus meningkat dan sudah merendam sebagian rumah warga," katanya.

Baca juga: Puluhan warga Kapuas ikuti operasi katarak gratis

Sementara itu, Kepala Desa Tumbang Mangkutup, Suriato saat dihubungi, mengatakan desanya saat ini juga mulai kebanjiran.

"Sama, desa kami juga saat ini mulai banjir. Jalan-jalan desa sebagian sudah mulai terendam," katanya.

Suriato berharap banjir ini tidak berkepanjangan. Pasalnya di desanya kini tengah mengembangkan program budidaya perikanan.

"Semoga saja banjir ini tidak berkepanjangan dan ketinggian airnya tidak bertambah. Soalnya kami sedang mengembangkan program budidaya perikanan," demikian Suriato.

Baca juga: Sekda Kapuas: Karang Taruna berperan penting dalam pemberdayaan pemuda

Baca juga: Pj Bupati Kapuas ajak generasi muda berikan hak pilih pada Pemilu 2024

Baca juga: Abdul Khair terpilih secara aklamasi pimpin KNPI Kapuas