Puluhan warga Kapuas ikuti operasi katarak gratis

id pemkab kapuas, kemenkes, operasi katarak gratis, kuala kapuas, kapuas

Puluhan warga Kapuas ikuti operasi katarak gratis

Sejumlah peserta menjalani operasi katarak gratis yang dilaksanakan oleh Kementerian Sosial bekerja sama dengan Vision Center Kuala Kapuas, Sabtu (16/12/2023). (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Puluhan warga Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, antusias mengikuti bakti sosial operasi katarak gratis yang dilaksanakan Kementerian Sosial bekerja sama dengan Vision Center Kuala Kapuas, Sabtu (16/12).
 
“Jumlah peserta yang mengikuti operasi katarak ada sebanyak 50 orang peserta, baik dari Kabupaten Kapuas maupun Pulang Pisau,” kata Penanggung Jawab Vision Center Kapuas, Ryan Faizal.
 
Ia menjelaskan, jumlah peserta yang terdaftar sebenarnya ada sekitar 150 orang namun yang lolos pemeriksaan untuk dioperasi ada sebanyak 50 peserta.
 
Penyebab peserta tidak lolos, sambungnya, dikarenakan tekanan darah tinggi mencapai lebih 150 sehingga tindakan operasi terpaksa harus ditunda.
 
“Tekanan darahnya lebih 150. Meskipun sudah kita lakukan observasi, ternyata tekanan darahnya tidak turun juga. Akhirnya kita tunda untuk operasinya,” jelasnya.

Baca juga: Sekda Kapuas: Karang Taruna berperan penting dalam pemberdayaan pemuda
 
Melalui kegiatan ini, ia berharap kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis terus berlanjut dan dapat bekerja sama lagi dengan pihak-pihak terkait yang terlibat.
 
Sementara itu, bakti sosial operasi katarak gratis ini juga dilaksanakan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial setempat, dalam rangka membantu masyarakat khususnya warga kurang mampu.
 
Salah seorang peserta operasi katarak Maslah, mengaku senang bisa dapat mengikuti operasi katarak yang sudah lama mata sebelah kirinya penglihatan kabur akibat katarak yang dideritanya.
 
“Allhamdulilah operasi katarak yang saya jalani berhasil dengan baik, semoga mata kabur kembali normal. Terima kasih kepada para dokter yang telah mengoperasi mata saya,” ucapnya.

Baca juga: Pj Bupati Kapuas ajak generasi muda berikan hak pilih pada Pemilu 2024

Baca juga: Abdul Khair terpilih secara aklamasi pimpin KNPI Kapuas

Baca juga: Dinkes Kapuas imbau masyarakat wawaspadai peningkatan kasus COVID-19