Sekda Kapuas: Karang Taruna berperan penting dalam pemberdayaan pemuda

id pemkab kapuas, karang taruna kapuas, bulan bakti gotong royong, pemuda kapuas, kuala kapuas, kapuas

Sekda Kapuas: Karang Taruna berperan penting dalam pemberdayaan pemuda

Sekda Kapuas Septedy didamping Ketua Karang Taruna Kabupaten Kunanto melepas keberangkatan peserta jalan sehat di Stadion Panunjung Tarung jalan Maluku Kuala Kapuas, Sabtu (16/12/2023). (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Ratusan peserta antusias mengikuti jalan sehat memeriahkan Peringatan Bulan Bakti Karang Taruna di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Sabtu (16/12) pagi.
 
“Apresiasi yang setinggi-tingginya saya sampaikan atas terselenggaranya Bulan Bakti Karang Taruna yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Kapuas,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas, Septedy usai melepas keberangkatan peserta jalan sehat.
 
Dikatakannya, Karang Taruna merupakan wadah dan sarana untuk masyarakat terutama generasi muda dalam mengembangkan pembangunan di bidang kesejahteraan sosial.
 
Kontribusi Karang Taruna sangat penting dalam pemberdayaan pemuda di berbagai bidang, namun harus diakui belum seluruh masyarakat memahami peran dan fungsi Karang Taruna.
 
"Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan dapat membuka mata masyarakat akan keberadaan Karang Taruna," ujarnya.

Baca juga: Pj Bupati Kapuas ajak generasi muda berikan hak pilih pada Pemilu 2024
 
Sekda berharap Karang Taruna menjadi bagian penting, mulai dari tingkat desa atau kelurahan, kecamatan sampai tingkat kabupaten agar dapat bersinergi dengan pemerintah dalam pembangunan, pemberdayaan serta menggerakan pemuda agar produktif.
 
"Juga berperan aktif menangani permasalahan sosial di masyarakat, mampu mengembangkan usaha yang mandiri dan peduli terhadap sesama,” harapnya.
 
Ditambahkannya, diharapkan melalui kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna ini, menjadi momentum untuk anggota dan generasi muda dalam memupuk kesadaran sosial, menjadi pribadi yang produktif dan mandiri, sehingga memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.
 
Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kapuas Kunanto mengatakan, untuk memeriahkan Bulan Bakti Karang Taruna berbagai kegiatan dilaksanakan, mulai dari jalan sehat, sepeda santai, bakti sosial, hingga hiburan pentas seni dan budaya.
 
“Kita harapkan Karang Taruna ke depan akan lebih baik lagi dalam berkontribusi untuk daerah terutama dalam kegiatan sosial untuk membantu masyarakat Kapuas,” demikian Kunanto.

Baca juga: Abdul Khair terpilih secara aklamasi pimpin KNPI Kapuas

Baca juga: Dinkes Kapuas imbau masyarakat wawaspadai peningkatan kasus COVID-19

Baca juga: Legislator Kapuas minta pembangunan rumah sakit Pujon tepat waktu