ASN dinas luar bisa manfaatkan Kereta Api eksekutif

id ASN dinas luar ,Garut,Kalteng,PT KAI ,KA Papandayan

ASN dinas luar bisa manfaatkan Kereta Api eksekutif

Situasi perjalanan dalam kereta KA Papandayan (Relasi Jakarta-Garut) di hari pertama operasi dari Bandung menuju Garut, Rabu (24/1/2024). (ANTARA/Ricky Prayoga)

Garut (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut Nurdin Yana menyatakan aparatur sipil negara (ASN) yang akan melakukan perjalanan dinas luar tujuan Jakarta bisa memanfaatkan fasilitas Kereta Api (KA) Papandayan kelas eksekutif relasi Stasiun Garut-Stasiun Gambir, Jakarta saat ini sudah diresmikan.

"Iya, insya Allah lebih efektif, hanya dari Gambir, kan kebanyakan kalau rapatnya di pusat (Jakarta, Red)," kata Nurdin Yana, usai peresmian KA Papandayan kelas eksekutif, di Stasiun Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu.

Ia menuturkan Stasiun Garut selama ini melayani KA komersial kelas ekonomi, saat ini sudah ada KA kelas eksekutif yang langsung ke Stasiun Gambir, Jakarta, atau dekat dengan pusat pemerintahan.

Adanya KA kelas eksekutif itu, kata dia, maka ASN yang akan melaksanakan tugas perjalanan dinas ke luar kota atau ke pemerintah pusat bisa menggunakan KA tersebut.

"Nanti kita lihat di mana tempatnya mereka rapat, kalau di Jakarta misalnya yang dekat dengan Gambir tentu kita lebih enak memanfaatkan ini," katanya pula.

Namun saran pemanfaatan KA komersial itu, kata Nurdin, tidak mutlak, tergantung situasi dan efisiensi waktu maupun lokasi tempat diselenggarakannya rapat di pemerintah pusat.

Menurut dia, kegiatan rapat di pemerintah pusat itu terkadang ada yang jauh dari Stasiun Gambir, atau ada dilakukan di beberapa tempat dengan waktu yang berbeda, sehingga efektifnya bisa menggunakan kendaraan dinas.

"Jadi kita lihat efektif mana ketika menggunakan mobil atau kereta. Ya, paling kita menyarankan kepada teman-teman memilih mana yang lebih efektif dan efisien," katanya lagi.

Sebelumnya, PT KAI meluncurkan tiga KA baru, yaitu KA Papandayan Ekspres relasi Garut-Gambir (PP), KA Pangandaran relasi Banjar-Gambir (PP), dan KA Malabar keberangkatan pagi hari relasi Bandung-Malang (PP), Rabu ini.

PT KAI meluncurkan KA Papandayan kelas eksekutif yang sebelumnya sudah lebih awal beroperasi KA kelas ekonomi, yakni KA Cikuray relasi Garut-Pasar Senen, lalu KA lokal Cibatuan relasi Garut-Purwakarta.

Tarif KA Papandayan dikenakan tarif Rp252 ribu untuk kelas eksekutif, dan Rp156 ribu untuk kelas ekonomi dengan jadwal pemberangkatan dari Stasiun Garut pukul 12.30 WIB dan tiba di Stasiun Gambir pukul 17.45 WIB. Sebaliknya dari Stasiun Gambir berangkat pukul 06.30 WIB tiba di Stasiun Garut pukul 11.20 WIB.